Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Parkir Aman dan Tidak Melanggar Lalu Lintas

Aditya Maulana - Jumat, 22 September 2017 | 09:05 WIB
Tempat parkir mobil
Thinkstock
Tempat parkir mobil

Jakarta, Otomania.com - Masih banyak pengguna kendaraan bermotor yang parkir disembarang tempat. Misal, di trotoar, dekat papan reklame, hingga di bawah pohon besar.

Padahal selain dilarang, risiko terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan pun cukup tinggi. Sebagai contoh bisa saja mobil atau sepeda motor itu tertimpa papan reklame atau pohon.

Oleh sebab itu, berdasarkan informasi yang dilansir dari NTMCPolri, Jumat (22/9/2017), berikut tips parkir mobil atau motor yang aman dan tidak melanggar lalu lintas.

Hindari Parkir di Bawah Pohon Besar

Hal ini justru, menimbulkan banyak risiko terlebih saat hujan beserta angin besar. Mobil Anda bisa saja terkena tetasan getah, kejatuhan ranting atau bahkan sampai tertipa pohon tersebut.

Baca juga: Ini Akibatnya Sering Parkir Mobil di Bidang Miring

Jangan Parkir Dekat Papan Reklame

Papan reklame merupakan objek yang juga rentan terhadap tiupan angin kencang. Meski mayoritas sudah dirancang bangun dengan perhitungan yang matang sekalipun, sebaiknya tetap dihindari. Karena bukan tidak mungkin risiko papan reklame untuk roboh dan menimpa mobil Anda bakal terjadi.

Area Parkir Terbuka yang Cekung

Parkir mobil di kontur tanah yang cekung juga memiliki risiko tergenang air saat hujan. Apabila lokasi tersebut tergenang air maka mobil yang terparkir di area itu otomatis ikut tergenang.

Bahu Jalan

Parkir mobil di bahu jalan yang terkesan praktis masih banyak terjadi karena diperbolehkan oleh pihak otoritas setempat, padahal itu termasuk tindakan pelanggaran lalu lintas. Namun sebaiknya Anda hindari, karena risiko mobil baret terserempet oleh pengendara lain bisa saja terjadi. Bahkan bukan mustahil mobil Anda ditabrak akibat kelalaian pengendara lain.

Tanjakan Atau Turunan

Kondisi jalan yang menurun dan menanjak dirasa juga kurang baik untuk memarkir kendaraan Anda. Karena gaya gravitasi yang mengakibatkan mobil untuk condong bergerak ke arah yang lebih rendah.

Hal inilah yang membuat rem pada transmisi otomatis akan bekerja lebih berat. Anda bisa memanfaatkan batu atau balok untuk meringankan beban rem parkir dan gigi P. Tetapi jika ada pilihan lain sebaiknya parkir di tempat yang datar.

Tempat Sepi

Tempat yang sepi memang tidak dianjurkan untuk memarkir kendaraan. Faktor keamanan menjadi alasan utama, karena kondisinya yang sepi sering dijadikan lokasi bagi para pelaku kriminal untuk melakukan pencurian.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa