Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Mengusir Rasa Kantuk Ketika Mengemudi

Aditya Maulana - Kamis, 21 September 2017 | 17:35 WIB
Sebuah mobil sport Aston Martin ringsek setelah menabrak separator busway di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2019.
TMC Polda Metro
Sebuah mobil sport Aston Martin ringsek setelah menabrak separator busway di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2019.

Jakarta, Otomania.com- Mengemudi dalam kondisi mengantuk sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Salah satu contoh pada Rabu (20/9/2017), salah satu mobil sport Aston Martin menabrak sparator busway di kawasan Harmoni, Jakarta Barat.

Menurut Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik, peristiwa tersebut terjadi pada sekitar pukul 07.30 WIB. Diduga karena pengemudi mengantuk sehingga menabrak pembatas jalan.

Nah, itu salah satu risiko jika dalam kondisi mengantuk tetap dipaksa untuk mengemudi. Selain bahaya untuk diri sendiri, juga membahayakan buat pengendara lain di sekitarnya.

Jika sudah terasa mengantuk, maka sebaiknya jangan meneruskan perjalanan dan istirahatlah atau tidur sampai hilang rasa kantuknya, karena itu obat yang paling ampuh.

Baca juga : Wuling Sudah Punya 3 Diler di Jawa Timur

Namun apabila tidak memungkinkan bisa simak tips berikut. Dalam buku panduan Aman Berlalu Lintas milik Astra International yang bekerja sama dengan Korlantas Polri, setidaknya ada enam cara, untuk melupakan rasa mengantuk ketika berkendara.

1. Cobalah untuk mendengarkan musik, namun dengan tempo cepat dan berirama riang. Jangan mendengarkan musik yang mendayu-dayu, karena bisa jadi kantuk akan semakin datang.

2. Mengobrol dengan penumpang di dalam mobil. Pastinya ini bisa dilakukan ketika kita tidak berkendara sendirian.

3. Mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein secukupnya.

4. Sesekali membuka kaca jendela untuk penyegaran udara di dalam kabin mobil.

5. Menepi dan berhentilah sejenak untuk melakukan peregangan atau senam kecil.

6. Jika kelima cara di atas tidak berhasil mengusir kantuk, menepilah di tempat yang aman dan
tidur sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa