Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat Lagi Pentingnya Berhenti di Belakang Garis Stop

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 20 September 2017 | 08:25 WIB
Sejumlah pengendara sepeda motor di Jakarta yang berhenti di depan garis pembatas. Selain mengganggu penyebrang yang hendak melintas di zebra cross, perilaku ini juga merupakan salah satu penyebab kemacetan di Jakarta karena kendaraan yang berhenti di depan garis pembatas menghalangi arus kendaraan dari arah yang lainnya.
Alsadad Rudi
Sejumlah pengendara sepeda motor di Jakarta yang berhenti di depan garis pembatas. Selain mengganggu penyebrang yang hendak melintas di zebra cross, perilaku ini juga merupakan salah satu penyebab kemacetan di Jakarta karena kendaraan yang berhenti di depan garis pembatas menghalangi arus kendaraan dari arah yang lainnya.

Jakarta, Otomania.com - Fenomena pengguna jalan raya, terutama pengendara motor dan mobil, yang tidak berhenti di belakang garis marka banyak ditemui di berbagai persimpangan. Para pengendara ini beralasan tidak ada tempat untuk berhenti sampai sedang terburu-buru menuju tempat tujuan.

Apapun alasannya, berhenti di belakang garis marka sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan. Pada pasal 106 ayat 4 tertulis, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan (a) rambu perintah atau rambu larangan, (b) marka jalan, (c) alat pemberi isyarat lalu lintas, (d) gerakan lalu lintas dan (e) berhenti dan parkir.

Kemudian bagi pengguna kendaraan yang tidak mematuhi peraturan ini maka pasal 287 mengatur mengenai dendan dan pidana yang siap diterima. Pengendara yang melanggar dapat dikenakan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Alasan lain kenapa pengendara harus berhenti di belakang garis marka adalah untuk menghormati hak pejalan kaki, terutama pada fasilitas penyebrangan zebra cross. Dalam undang-undang lalu lintas tersebut, pasal 106 ayat 2, pengemudi kendaraan wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.

Baca : Ibu-ibu Ini Doyan Modifikasi dan Balapan

"Faedahnya berhenti di belakang garis stop dan zebra cross pertama untuk kenyamanan dan ketertiban, dan kedua tidak kena sanksi. Selain itu untuk menunjukkan itikad baik menghormati sesama pengguna jalan. Sederhana saja," ucap Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Perhatian berhenti di belakang marka ini kembali menyeruak setelah video seorang ibu pengendara viral di media sosial. Ibu-ibu tersebut memarahi petugas kepolisian yang memintanya berlaku tertib memundurkan sepeda motornya ke belakang garis setop.

Baca: Ibu-ibu pengendara motor bersitegang dengan Polwan

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa