Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masalah di Gerbang Tol, Mesin Rusak sampai Bingung Bayar

Febri Ardani Saragih - Senin, 18 September 2017 | 13:35 WIB
Kendala mesin reader jadi penyebab kepadatan antrean kendaraan di Gerbang Tol.
Hendra Noor Saleh
Kendala mesin reader jadi penyebab kepadatan antrean kendaraan di Gerbang Tol.

Jakarta, Otomania.com – Otomatisasi di Gerbang Tol yang tidak lagi melayani pembayaran tunai seharusnya bikin arus kendaraan melintas semakin lancar. Namun, dari hasil reportase warga di lapangan, Senin (18/9/2017), hal yang terjadi malah sebaliknya.

Sekitar pukul 09.00 WIB, warga bernama Hendra Noor Saleh melaporkan terjadi kemacetan panjang di GT Cibubur. Menurut dia, penyebabnya mesin pembaca kartu uang elektronik (reader) di gardu belum siap dan masih banyak warga belum tahu sekarang tidak bisa membayar tol secara tunai.

“Mesinnya rusak tidak bisa digunakan, tidak semua gardu juga dibuka. Orang yang tidak punya kartu harus membeli dulu, itu yang bikin lama. Harga kartunya juga Rp 50.000, kan enggak semua orang punya uang seperti itu,” kata Hendra, saat dihubungi Otomania.com.

Baca: Gerbang Tol Semua Otomatis, Bagaimana Nasib Pekerja?

Menurut Hendra lagi, reader di GT Cibubur tidak bisa menerima pembayaran semua kartu asal bank. Hal itu bikin bingung sebab kebanyakan pengemudi hanya membawa satu kartu merek bank tertentu, ditambah lagi tidak ada petunjuk yang mengarahkan pengemudi sebelum mencapai GT. Keribetan seperti itu juga bikin waktu melintasi gardu semakin lama.

“Kartu elektronik itu kan bekerja sama dengan berbagai bank, mestinya alatnya disiapkan dulu. Kenapa sekarang jadi konsumen yang dirugikan. Itu nanti juga kalau mau top up kartu bayar juga,” ucap Hendra. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa