Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jakarta Belum Siap Terapkan Tilang Pakai CCTV

Aditya Maulana - Senin, 18 September 2017 | 08:25 WIB
Lantas Polres Kendal Jawa Tengah, saat gelar operasi patuh Candi di Jalan Raya Kaliwungu Kendal. Kompas.Com/ Slamet Priyatin
Kompas.Com /Slamet Priyatin
Lantas Polres Kendal Jawa Tengah, saat gelar operasi patuh Candi di Jalan Raya Kaliwungu Kendal. Kompas.Com/ Slamet Priyatin

Jakarta, Otomania.com - Tilang menggunakan bukti rekaman kamera CCTV baru dimulai di Surabaya, Jawa Timur. Namun, ke depan sudah dipastikan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa, bakal menyeluruh di wilayah Indonesia.

Sebagai Ibu Kota, DKI Jakarta justru belum siap dengan metode tilang seperti itu. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra, mengaku bahwa masih banyak yang perlu dipersiapkan, termasuk sumber daya manusia (SDM).

"CCTV itu baru wacana, sebenarnya kami belum juga siap dari Polda Metro Jaya," ucap Halim seperti dilansir laman NTMCPolri, Senin (18/9/2017).

Halim menjelaskan, kepolisian juga secara keseluruhan belum dapat mengaplikaksikan sistem tilang seperti itu. Selain infrastruktur, mekanisme tilangnya juga perlu dipelajari lebih mendalam.

Baca juga: Kabar Tilang Pakai Bukti CCTV, Ini Penjelasan Polisi

"Hal yang paling penting, yaitu integrasi datanya, jadi bukan hanya CCTV-nya saja" kata Halim.

Selain Surabaya, beberapa kota lain seperti Bandung, Bali mulai menerapkan teguran menggunakan kamera pengintai yang di tempatkan di lampu merah menggunakan alat pengeras suara.

Cara seperti itu cukup efektif untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas di sekitar lampu merah.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa