Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mustahil GSX-R 150 Dinyalakan Orang Selain Pemilik

Febri Ardani Saragih - Rabu, 13 September 2017 | 09:52 WIB
Posisi rumah kunci (main switch) sistem keyless ignition system pada Suzuki GSX-R 150.
Suzuki Indomobil Sales (SIS)
Posisi rumah kunci (main switch) sistem keyless ignition system pada Suzuki GSX-R 150.

Jakarta, Otomania.com – Menangnya Suzuki GSX-R 150 dengan sistem keyless, jadi anti-maling. Sempat terangkat belakangan ini usaha maling membobol rumah kunci, namun tetap saja sepeda motor sport fairing itu mustahil dinyalakan paksa tanpa kunci remote.

Knob putar pada rumah kunci (main switch) merupakan anak kunci yang dipakai untuk membuka tangki bahan bakar dan jok boncenger.
Suzuki Indomobil Sales (SIS)
Knob putar pada rumah kunci (main switch) merupakan anak kunci yang dipakai untuk membuka tangki bahan bakar dan jok boncenger.

Buat menyalakan mesin, menurut penjelasan Service Training Section Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) Josep Agus Antony, butuh tiga komponen yang teritegrasi, yaitu Electronic Control Module (ECM), controller, dan kunci remote.

“Kalau salah satu di antaranya tidak kenal, tidak akan menyala. Tiga komponen penting tadi harus terintegrasi. Jadi andai kata bisa menjebol rumah kunci, tapi begitu kunci remote enggak ada, ya enggak bisa menyala,” kata Josep, Selasa (12/9/2017).

Kejadian pembobolan itu pernah diungkap akun Instagram @aripitsop_blog lewat unggahannya. GSXR-150 gagal dicuri walaupun rumah kunci sudah terbuka dan terlihat usaha paksa pakai kunci T sudah dilakukan.

Baca: Penjelasan Sistem Keyless Suzuki GSX-R 150

“Walaupun rumah kunci sudah diangkat, jumper (menyambungkan kabel negatif dan positif buat menyalakan mesin) juga tidak bisa. Karena motor akan mendeteksi error, kalau tidak ada kunci remote. Jadi selama ini sistem keamanan ini yang paling canggih,” ucap Josep.

Meski begitu, dalam kondisi darurat buat pemilik, misalnya kunci remote hilang, mesin masih bisa dinyalakan cara mekanis menggunakan nomor rahasia yang hanya diketahui pemilik. Josep mengingatkan buat para konsumen untuk membaca penjelasan detail tentang sistem keyless di buku manual.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa