Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat, Tak Ada Gunanya Emosi di Jalan Raya

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 13 September 2017 | 07:45 WIB
Ilustrasi
Shutterstock
Ilustrasi

Jakarta, Otomania.com - Video viral yang memperlihatkan pertikaian antara sesama pengguna jalan raya kembali terjadi. Terbaru, video seorang pengendara yang melakukan kekerasan terhadap pengguna jalan lain jadi perbincangan netizen.

Berada di jalan raya dengan segala kondisi memang dapat memancing emosi. Terlebih jika sejak awal penyelesaian masalah diyakini selalu dengan menyerang dan bukan meredam emosi.

Dari beberapa narasumber yang pernah ditanyai Otomania.com perihal emosi di jalan raya, ada beberapa tahapan untuk menjaga emosi selama di jalan. Pertama, pastikan kondisi pengemudi siap mental untuk menghadapi lingkungan, provokasi dan gangguan yang dapat datang dari luar kendaraan.

Tahap kedua adalah dengan melakukan tata cara berkendara defensif. Cara paling mudah, dengan tidak melanggar peraturan, mengalah terhadap pengguna jalan lain. Pergi lebih awal agar tidak terburu-buru di jalan juga salah satu caranya.

Baca : Cekcok di Jalan Jangan Asal Main Pukul

Ketiga, bersikap menghargai pengguna jalan lain. Rasa kemanusiaan menyadari tidak hanya diri sendiri yang diperhatikan dan menggunakan jalan, tetapi juga orang lain yang memiliki berbagai kebutuhan berbeda-beda.

Keempat, pastikan kondisi prima. Apabila tubuh dalam kondisi tidak prima, dapat berpengaruh ke psikologis dan membuat emosi di jalan tidak terjaga.

Kelima, ingat konsekuensi. Saat ini ada media sosial yang memudahkan seseorang merekam tindakan kita atau bersaksi melihat perbuatan kita. Ingat akibat yang ditimbulkan saat emosi sesaat dan memukul seseorang karena hal tersebut sudah masuk ranah pidana yang memiliki hukuman yang tidak ringan.

Pikirkan tanggung jawab sebagai kepala keluarga, karyawan di kantor, anggota masyarakat jika harus berurusan dengan hukum nantinya.

Terakhir, selalu merencanakan rute perjalanan dengan matang sebelum berangkat. Sudah ada aplikasi penyedia pemantauan lalu lintas. Gunakan ini untuk menghindari permasalahan di jalan.

Baca : Berkelahi di Jalan Tidak Ada Untungnya

Video pemukulan pengemudi ini sudah viral di media sosial bahkan ditonton ratusan ribu orang sejak diunggah, Selasa (12/9/2017). Ini bisa jadi hukuman sosial yang mungkin tidak terpikirkan oleh si pelaku yang termakan emosi sesaat. Belum diketahui apakah pihak kepolisian menindak lanjuti permasalahan ini dengan menggunakan informasi kendaraan yang terekam jelas dalam video viral tersebut.

Baca: Cekcok di Jalan, Pria Ini Pukul Pengemudi Wanita

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa