Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Gunakan Perangkat Keamanan Tambahan buat Motor

Aditya Maulana - Senin, 11 September 2017 | 09:05 WIB
Tersangka pencurian motor di Kalideres Jakarta Barat di Mapolsek Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (2/4/2013). Mereka diringkus sebagai pemetik dan penadah motor curian.
Alfiyyatur Rohmah
Tersangka pencurian motor di Kalideres Jakarta Barat di Mapolsek Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (2/4/2013). Mereka diringkus sebagai pemetik dan penadah motor curian.

Jakarta, Otomania.com - Pengguna sepeda motor sebaiknya jangan hanya mengandalkan perlindungan kunci bawaan pabrik. Ada bagusnya dipasang lagi kunci ganda atau aksesori, seperti alarm, hingga perangkat keamanan lain.

Sebab, bisa memperlambat kerja maling karena setelah kunci utama berhasil dijebol, masih ada lagi yang harus dikerjakan oleh pencuri itu.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), seiring berkembangnya zaman maka banyak perusahaan yang menawarkan perangkat keamanan modern, dan canggih.

Tentunya, kata Edo bisa memberikan rasa aman dan nyaman buat pemilik motor dari begal. "Sebaiknya memang sudah seperti itu, semua motor dipasang perangkat keamanan yang modern," kata Edo saat dihubungi Otomania.com akhir pekan lalu.

Baca juga: Ingat Lagi Soal Meminta Surat Tugas Pada Petugas Kepolisian

Edo mencontohkan, salah satu perangkat keamanan yang cukup bagus seperti yang dikeluarkan oleh salah satu operator telekomunikasi selular. Meskipun motor berhasil dibegal, tetapi masih bisa dikendalikan oleh pemilik.

"Jadi bisa matikan mesin melalui ponsel pintar kita. Otomatis mesin mati dan tidak bisa dinyalakan lagi. Mau tidak mau harus diangkat motor itu, dan tidak mungkin juga, jadi lebih aman," ujar Edo.

Selain untuk motor, perangkat seperti itu juga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan sang pemilik. Jika tiba-tiba di dicuri berikan saja motornya, setelah itu matikan mesinnya.

"Ada jarak jaraknya memang, tetapi itu jauh lebih aman, selain menggunakan kunci ganda. Kalau dipasang semuanya jelas lebih aman lagi," ucap dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa