Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belum Ada Solusi, Motor Masih Boleh Lewat Sudirman

Febri Ardani Saragih - Sabtu, 9 September 2017 | 13:02 WIB
Kemacetan di Jalan MH Thamrin menuju Jalan Jenderal Sudirman imbas pengerjaan proyek Mass Rapid Transportation (MRT), Senin (25/5/2015). Di jalan  tersebut terdapat penyempitan jalan.
Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.com
Kemacetan di Jalan MH Thamrin menuju Jalan Jenderal Sudirman imbas pengerjaan proyek Mass Rapid Transportation (MRT), Senin (25/5/2015). Di jalan tersebut terdapat penyempitan jalan.

Jakarta, Otomania.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Kamis (7/9/2017), akhirnya menunda uji coba perluasan sepeda motor di Jalan Jendral Sudirman. Keputusan itu dikeluarkan setelah mendapat informasi kajian yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah.

Menurut Andri, masih ada berbagai kendala yang menghadang pembatasan itu diberlakukan. Dia menyinggung soal sarana transportasi pengganti, Transjakarta, yang belum siap bila masyarakat dilarang bersepeda motor.

Waktu kedatangan antar bus atau headway Transjakarta yang ideal di Jalan Jendral Sudirman adalah tiga menit. Hal itu belum bisa tercapai, selain karena jalur busway yang belum bisa steril, di kawasan itu saat ini sedang ada pembangunan trotoar sekaligus Mass Rapid Transit (MRT).

“Mana mungkin masyarakat menggunakan Transjakarta kalau begitu,” ucap Andri.

Baca: Pembatasan Sepeda Motor Ditunda!

Pembatasan motor dikatakan Andri hanya sebagai bagian konsep tata ruang mengatasi kemacetan. Hanya ada satu obat buat mengatasi kemacetan, kata Andri, yaitu mendorong masyarakat mau menggunakan angkutan umum.

“Saya hanya melaporkan hasil pertemuan dengan Watimpres (Dewan Pertimbangan Presiden), Anggota DPR Komisi D, para stakeholder, dan ahli transportasi. Pak Gubernur ikut saja aspirasi masyarakat,” ucap Andri. 

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa