Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tilang Lewat CCTV Akan Diterapkan di Seluruh Indonesia

Aditya Maulana - Selasa, 5 September 2017 | 13:35 WIB
Polisi menilang pengendara sepeda motor yang belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB)-nya di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).
KOMPAS.com/NURSITA SARI
Polisi menilang pengendara sepeda motor yang belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB)-nya di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Jakarta, Otomania.com - Per 1 September 2017, kepolisian wilayah Surabaya, Jawa Timur mulai melakukan sosialisasi program tilang melalui kamera CCTV. Teknisnya, nanti ada petugas polisi yang datang ke rumah pengendara yang melanggar lalu lintas.

Penindakan dimulai Oktober 2017 dan selama bulan ini hanya sosialisasi dan bagi pengendara yang melanggar akan dikirimkan surat teguran.

Selain Surabaya, menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa, program itu akan diberlakukan di seluruh wilayah di Indonesia.

"Tetapi tahap awal dilakukan di masing-masing kota besar dulu, setelah itu bertahap untuk menyeluruh," ujar Royke saat dihubungi Otomania.com, Senin (4/9/2017).

Baca juga: Enam Langkah Mencegah Mobil Dilalap Api

Targetnya, lanjut Royke dalam lima tahun ke depan sudah diterapkan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, akan diterapkan di jalan bebas hambatan.

"Sebagian jalan tol di Jakarta sudah ada yang menerapkan CCTV, dalam hal ini melakukan tilang kepada pelanggar batas kecepatan," kata Royke.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa