Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan: Jelaskan Dulu Definisi LCEV

Febri Ardani Saragih - Senin, 3 Juli 2017 | 18:05 WIB
Mobil listrik ternyata punya kelemahan lain selain keterbatasan daya jelajah.
Nissan/Netcarshow
Mobil listrik ternyata punya kelemahan lain selain keterbatasan daya jelajah.

Jakarta, Otomania.com – Sejak awal tahun ini, hal-hal terkait Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) semakin menarik diperbincangkan. Namun, banyaknya wacana malah bikin bingung. Pasalnya, belum ada definisi pasti tentang LCEV.

Ada yang bilang LCEV adalah regulasi tentang kendaraan ramah lingkungan berteknologi modern ataupun altrnatif. Sebagian lagi mengatakan, apapun teknologinya LCEV mengatur hanya pada emisi gas buang.

“Poin dari kami, definisi dari LCEV harus dipertegas dulu. Apa dimensi yang dipakai, apakah teknologinya atau ukuran emisi atau konsumsi bahan bakarnya,” ucap GM Strategy Marketing NMI Budi Nur Mukmin, di Jakarta, Senin (12/6/2017). 

Dia menjelaskan, memantau dari negara tetangga, Thailand, ada regulasi yang mengatur tentang produksi kendaraan berdasarkan emisi gas buang. Jadi, produsen bisa memproduksi mobil berteknologi apapun asal bisa memenuhi batas emisi.

Selain itu, di Thailand juga berlaku regulasi yang mengacu pada pemakaian teknologi tertentu. Produsen yang memakai teknologi itu mendapatkan benefit tertentu.

“Nah, kalau itu belum dipertegas, kami sebagai pelaku industri bingung,” ujar Budi.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indoesia (Gaikindo) sudah meminta pendapat dari para anggotanya, termasuk NMI, tentang LCEV. Gaikindo merupakan jembatan para pelaku industri ke pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa