Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Skema "Contra Flow" di Tol Cikampek saat Arus Balik

Aditya Maulana - Kamis, 29 Juni 2017 | 10:05 WIB
Situasi contra flow di ruas tol Jakarta-Cikampek, Minggu (25/6/2017).
Dokumentasi Jasa Marga
Situasi contra flow di ruas tol Jakarta-Cikampek, Minggu (25/6/2017).

Jakarta, Otomania.com - Polisi memprediksi puncak arus balik Lebaran 2017 terjadi pada Sabtu (1/7/2017). Jika terjadi kepadatan kendaraan bermotor, khususnya di jalan Tol Cikampek, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas melawan arus alias contra flow.

Tujuan dibuat skenario seperti itu, agar bisa memperlancar lalu lintas, khususnya menuju Jakarta. Menurut Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin, kepadatan diprediksi terjadi di KM 66 hingga KM 62.

"Sepanjang jalur itu banyak pertemuan mobil dari Tol Cipali dan Cileunyi-Cipularang. Sehingga sudah pasti akan macet di sekitar itu," kata Benjamin kepada Otomania.com belum lama ini.

Benjamin melanjutkan, belum lagi sepanjang KM 66 hingga KM 40 banyak rest area yang dipastikan bisa menghambat perjalanan. Masyarakat sudah pasti melakukan istirahat, karena sudah terjalu jauh perjalanan, jika dari Jawa Timur atau Jawa Tengah.

"Jadi nanti akan kita lakukan contra flow dari KM 68-40 jalan Tol Cikampek menuju Jakarta," ucap dia.

Rekayasa lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan itu, lanjut Benjamin hanya dilakukan pada siang hari. "Kalau malam har berbahaya, karena pengemudi sudah lelah, nantinya akan membahayakan," kata Benjamin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa