Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kondisi Arus Balik Seputar Kawasan Kalimalang

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 27 Juni 2017 | 14:23 WIB
Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)
Otomania/Setyo Adi
Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)

Jakarta, Otomania.com – Ancaman kepadatan pada musim mudik tahun ini tidak hanya berlaku untuk jalan tol saja. Jalan umum atau jalan arteri juga berpotensi dipadati pemudik yang menghindari kepadatan tol.

Ruas jalan Kalimalang misalnya, pada hari Lebaran lalu dipadati kendaraan menuju arah Timur seperti Cikampek yang menghindari kepadatan di gerbang tol Cikarang Utama. Kebanyakan mobil pribadi serta pemudik motor yang hendak berangkat mudik menuju kampung halaman.

Lantas bagaimana dengan kondisi arus balik nantinya? Kepadatan arus balik dijalur Kalimalang dan sekitarnya yang merupakan pintu masuk menuju Jakarta dari arah timur diperkirakan pada Kamis hingga Sabtu pekan ini.

“Lonjakan mungkin tidak terlalu terasa, sebab libur panjang yang diberikan membuat pemudik dapat memilih hari untuk kembali ke Jakarta. Sehingga diperkirakan tidak ada keramaian lalu lintas yang signifikan,” ucap Ipda Wahyu, Satlantas Satwil Jakarta Timur yang ditemui Otomania di posko mudik Kalimalang, Selasa (27/6/2017).

Arus balik ini terutama untuk pemudik motor yang datang dari arah Timur. Mereka biasanya mempersiapkan waktu istirahat sebelum kembali bekerja pada Senin pekan depan.

Wahyu menyarankan, bagi pemudik untuk kembali pulang sebelum akhir pekan. Terutama bagi pemudik motor yang akan melintasi jalan arteri seperti Kalimalang ini.

“Pilihan yang dipakai mungkin Kamis atau Sabtu. Jumat biasanya terpotong Sholat Jumat serta Minggu takutnya tidak ada waktu istirahat untuk bekerja di Senin-nya,” ucap Wahyu.

Pihak kementrian perhubungan menyarankan bagi para pemudik untuk mengambil waktu untuk kembali ke Jakarta lebih awal. Ini guna menghindari penambahan volume kendaraan termasuk dengan adanya truk pengangkut barang yang akan beroperasi 29 Juni ini.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa