Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang Lebaran, Tol Pejagan-Pemalang Belum Berfungsi

Azwar Ferdian - Jumat, 16 Juni 2017 | 10:12 WIB
Tempat Istirahat atau rest area di ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4.
GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com
Tempat Istirahat atau rest area di ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi 3-4.

Brebes, Otomania.com - Jalan Tol Brebes Timur-Pemalang ruas Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 yang merupakan bagian dari Tol Trans-Jawa belum bisa digunakan masyarakat pada H-10 Hari Raya Idul Fitri.

Hasil pantauan tim Merapah Transjawa Kompas.com dan Otomania.com, Kamis (15/6/2017), ruas tol sepanjang 37 kilometer ini masih ditutup walau fasilitasnya sudah lengkap tersedia.

Kendaraan asal Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang mengarah ke Jawa Tengah bisa langsung keluar melalui Brebes Timur Exit (Brexit) untuk selanjutnya melintasi Jalan Nasional Pantura.

Menurut Andre Dwi Nugraha, Bagian Teknik PT Pejagan-Pemalang Toll Road (PPTR), fungsionalisasi ruas tol ini sedianya pada H-10. Namun, pelaksanaannya mundur menjadi H-6 atau 19 Juni 2017.

"Fasilitas di sepanjang ruas tol ini sudah sudah cukup lengkap. Termasuk tiga rest area. Dua di antaranya menyediakan BBM, dan dilengkapi toilet serta mushola. Sedangkan satu lainnya tidak dilengkapi BBM," tutur Andre, Kamis (15/6/2017).

Selain fasilitas tersebut, PPTR juga melengkapi ruas tol ini dengan 12 gardu untuk melakukan transaksi pembayaran dari Jalan Tol Palimanan-Kanci dan Kanci-Pejagan.

Menurut keterangan Andre, saat Jalan Tol Pejagan - Pemalang bisa dilintasi, pengemudi tidak dipungut biaya.

Karena sifat ruas tol masih sementara atau darurat, kondisi fisiknya pun hanya berupa lantai kerja atau lean concrete setebal 10 sentimeter.

Andre merekomendasikan batas kecepatan maksimal berkendara 40 kilometer per jam. Diharapkan, pemudik untuk selalu berkonsentrasi dan ekstra hati-hati.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa