Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Warna Mobil yang Kerap Jadi Sasaran "Tembak" Kotoran Burung

Aris F Harvenda - Senin, 29 Mei 2017 | 03:33 WIB
Ilustrasi mobil dipenuhi kotoran burung karena parkir di luar ruang
https://jdstonetalks.files.wordpress.com
Ilustrasi mobil dipenuhi kotoran burung karena parkir di luar ruang

Otamania.com -Sebuah pemandangan yang menyebalkan adalah ketika di atap atau kap mobil Anda menempel kotoran burung. Makin emosi lagi mobil tersebut baru saja dicuci dan Anda tidak punya waktu lagi untuk membersihkan.

Halfords, perusahaan perawatan mobil di Inggris, khusus menganalisa perilaku burung di beberapa wilayah, dan temuannya bisa jadi perhatian pemilik mobil. Pasalnya, lembaga tersebut melakukan survei terhadap 1.140 unit mobil di Brighton, Glasgow, Leeds, Manchester dan Bristol untuk mengetahui, warna mobil yang kerap jadi sasaran tembak saat buang kotoran.

Berdasarkan penelitian, burung paling sering buang air besar di atas mobil berkelir merah (18 persen), biru (14 persen), hitam (11 persen), putih (7 persen), silver (3 persen) dan hijau (1 persen).

Respon

Survei tersebut juga menganalisa respon pemilik kendaraan. Para responden dimintai keterangan seberapa cepat mereka membersihkan kotoran burung yang menempel di atas mobilnya. Hasilnya, hanya 17 persen atau satu dari enam orang yang langsung membersihkan waktu melihat ada kotoran.

Duapuluh persen pemilik kendaraan lain akan menunggu beberapa hari. Lebih dari setengahnya (55 persen) memilih periode cuci mobil berikutnya. Sisa 8 persen, mengaku membiarkan dan menyerahkan tanggung jawab membersishkannya kepada orang lain.

Kotoran burung sangat berbahaya untuk cat mobil jika dibiarkan mengering.
Donny Apriliananda
Kotoran burung sangat berbahaya untuk cat mobil jika dibiarkan mengering.

Asuransi

Meski terlihat sepele, pihak perusahaan asuransi di inggris mengatakan, kerusakan cat mobil karena kotoran burung, menimbulkan kerugian secara total mencapai 89,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 1 triliun lebih per tahun untuk perbaikan.

"Riset ini menunjukkan sesuatu yang serius dan dihadapi setiap pemilik yang mengalami kerusakan cat dan menyebabkan nilai jual kendaraan jadi turun. Untuk menghindari kerusakan, kotoran harus dibersihkan secepat mungkin dengan hati-hati dan jangan menunggu," jelas David Howells, ahli pembersih mobil dari Halfords yang dilansir autoblog.com.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa