Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Berikan Sedikit Perhatian untuk Komponen Ini

Aris F Harvenda - Minggu, 28 Mei 2017 | 16:02 WIB
Ilustrasi ban cadangan
VW Motortrend
Ilustrasi ban cadangan

Jakarta, Otomania – Ban cadangan memang jadi komponen yang kerap diabaikan dan jarang diperhatikan kondisinya. Soal area penempatan yang tersembunyi dan sulit dijangkau memang sering jadi alasan. Padahal dalam kondisi darurat seperti ban kempes atau bocor di tengah jalan, ban cadangan punya andil yang cukup besar.

"Hal paling penting adalah memeriksa tekanan udara sesuai dengan standar pabrik. Jangan lupa pula cek kondisi ban tersebut, apakah masih layak digunakan atau tidak, terutama kondisi karetnya," ujar Imam Choiri, pungawa AP Speed beberapa waktu silam.

Ada pula kebiasaan lupa mengisi tekanan angin atau menambal ban yang rusak atau digantikan oleh ban cadangan. Oleh karena itu, setelah menggunakan ban cadangan sebaiknya segera isi tekanan udara serta perbaiki ban yang bocor.

“Biasanya pengemudi melupakan kondisi ban cadangan yang sudah diganti dengan ban kempes yang terkena paku. Parahnya belum sempat dimasukkan ke bengkel ban untuk diperbaiki,” ucap Apre panggilan akrabnya.

ban cadangan Calya
Aditya Maulana - Otomania
ban cadangan Calya

Letak

Bagi pemilik kendaraan terutama yang baru memiliki mobil, pelajari letak dan cara untuk mengganti ban yang baik dan benar. Cara mengganti ban cadangan di tiap kendaraan secara umum sama namun tempat, lalu cara menyimpan ban cadangan dari tempat ban bisa berbeda beda.

Selain itu, ban cadangan juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama tidak digunakan. Sebagai bentuk perawatannya, bisa dengan merotasi ban yang digunakan dengan cadangan. Hal tersebut dilakukan agar usia pakai pada ban kendaraan bisa merata, dan kondisi ban cadangan terpantau dengan baik.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa