Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aman dari Aksi Kejahatan di Jalan untuk Biker Perempuan

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 26 Mei 2017 | 18:31 WIB
Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara
AMY
Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara


Jakarta, Otomania.com – Maraknya aksi penghadangan sekelompok orang atau aksi kriminal lainnya di jalan raya membuat resah pengguna jalan terutama pengendara motor. Terbaru, viral aksi penghadangan oleh sekelompok pemuda yang menimbulkan korban luka yang viral di media sosial beberapa waktu ini.

Tak dipungkiri aksi kriminal di jalan raya mengincar pengguna sepeda motor terutama perempuan. Untuk itu ada tindakan preventif untuk menjaga keamanan selama perjalanan.

”Bagi biker perempuan baiknya meninggalkan aksesori yang mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan. Ini salah satu bagian dari keamanan berkendara,” ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) saat dihubungi Otomania, Kamis (25/5/2017).

Penggunaan aksesori dengan warna merah muda, penggunaan sepatu high heel, dan tas selempang sebaiknya dihindari atau tidak digunakan selama berkendara. Biker perempuan sebaiknya menggunakan kelengkapan berkendara dengan warna dan model maskulin.

”Pakai jaket warna tentara, sepatu sneaker, serta celana panjang. Sarannya baru ganti baju atau sepatu saat sudah tiba di tempat tujuan. Jangan sampai mudah teridentifikasi bahwa ini pengendara wanita dari jauh,” ucap Jusri.

Selain itu pastikan selalu mengawasi kondisi sekitar dan berkonsentrasi dengan apa yang terjadi di depan. Apabila mendeteksi ada gelagat mencurigakan segera berhenti atau berputar arah atau berganti rute untuk menghindari masalah.

Sadari juga kondisi di belakang motor, apakah sedang diikuti seseorang. Jangan sungkan untuk segera berhenti di pusat keramaian seperti warung, atau bahkan kantor polisi untuk meminta pertolongan.

”Jangan pernah merasa nyaman di jalan raya. Selalu waspada,” ucap Jusri.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa