Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenang Detik-detik Hayden Rebut Juara Dunia dari Rossi

Febri Ardani Saragih - Selasa, 23 Mei 2017 | 07:33 WIB
Valentino Rossi (depan) saat berhadapan dengan Nicky Hayden
Foxsport.com
Valentino Rossi (depan) saat berhadapan dengan Nicky Hayden

Jakarta, Otomania.com – Nicky Hayden hanya pernah sekali juara dunia MotoGP yakni pada 2006 bersama Repsol Honda, tapi dia melakukannya dengan fenomenal. Hayden bisa mendapatkannya dengan catatan cuma pernah dua kali juara seri sepanjang musim dan "dibantu" Valentino Rossi.

Performa Hayden bagus pada awal musim. Dia berhasil tujuh kali naik podium pada delapan seri pertama, termasuk juara seri ke-8 di Assen, Belanda. Namanya berada di atas pada klasemen sementara.

Posisi top makin kukuh saat Hayden juara lagi di seri ke-11 yang digelar di kampung halamannya di Laguna Seca, Amerika Serikat. Dia unggul 34 poin dari rekan setimnya Dani Pedrosa di posisi kedua dan unggul 51 poin dari Valentino Rossi yang mengejar gelar juara dunia keenam MotoGP berurutan.

Pebalap Aspar Honda dari Amerika Serikat, Nicky Hayden, berbicara kepada media dalam acara jelang GP Australia di Phillip Island, Kamis (15/10/2015).
SAEED KHAN/AFP PHOTO
Pebalap Aspar Honda dari Amerika Serikat, Nicky Hayden, berbicara kepada media dalam acara jelang GP Australia di Phillip Island, Kamis (15/10/2015).
Sinar Hayden sempat redup setelah liburan musim panas MotoGP. Para pesaingnya mulai mendekat, poin demi poin. Kondisinya semakin mepet saat Hayden sempat kecelakaan bersama Pedrosa di Estoril, Portugis.

Pada seri terakhir di Valencia, Spanyol, Rossi memimpin delapan poin dari Hayden. Rossi memulai balap dari pole position sedangkan Hayden di posisi lima.

Rossi kelihatan canggung saat balapan, dia pun akhirnya melakukan kesalahan dan tergelincir keluar lintasan. Dalam hati mungkin Rossi sudah sadar kalau dia kesempatannya jadi juara dunia musim 2016 pudar.

Rossi berhasil melanjutkan balapan dan finis di posisi ke-13. Namun gara-gara itu Hayden yang akhirnya dinobatkan jadi juara dunia sebab dia berhasil finis ketiga. Hayden hanya unggul lima poin dari Rossi. Hayden membawa bendera AS saat victory lap, dia sangat emosional jadi juara dunia.

Kini kita sudah tidak bisa lagi melihat Hayden beraksi di sirkuit, dia dinyatakan meninggal oleh rumah sakit Maurizio Bufalini di Cesena, Italia, Senin (22/5/2017). Pria 35 tahun yang bertunangan tahun lalu ini menderita parah pada kepala, dada, dan panggul. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa