Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rossi Bingung Bisa Terjatuh di Tikungan Terakhir Le Mans

Setyo Adi Nugroho - Senin, 22 Mei 2017 | 07:28 WIB
Valentino Rossi dan Maverick Vinales GP Peracis
motorsport.com
Valentino Rossi dan Maverick Vinales GP Peracis

Le Mans, Otomania.com - Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha hanya tinggal setengah putaran lagi untuk meraih podium di balapan MotoGP Le Mans, Minggu (21/5/2017). Sayangnya ia malah pulang tanpa raihan poin untuk klasmen setela terjatuh di tikungan terakhir dan merelakan posisi pertama diambil rekan satu timnya, Maverick VInales.

"Sangat disayangkan untuk saya juga tim karena kami memiliki akhir pekan terbaik musim ini dimana saya merasa kompetitif saat latihan. Baik saat lintasan basah maupun kering di saat balapan. Saya yakin ini balapan terbaik saya," ucap Rossi menyitat dari Crash.net.

Rossi juga merasakan keseimbangan motornya justru semakin membaik di lap terakhir. Ban dengan kompon medium depan belakang yang ia pilih saat di tengah balapan sempat membuatnya kesulitan di tengah balapan.

Rossi, Vinales dan Johan Zarco dari tim Monster Yamaha Tech 3 berulang kali terlibat pertarungan sengit selama balapan. Saat balapan menyisakan enam lap ia berhasil mendahului Zarco ditempat kedua, lalu Vinales untuk berada di depan sisa tiga putaran.
Namun karena dalam tekanan, Rossi melebar di tikungan keenam.

"Saya melakukan kesalahan. Saya datang terlalu cepat di tikungan dan saya tidak melakukan pengereman. Vinales mendahului, tapi saya tahu masih punya kesempatan untuk menyusulnya kembali karena jarak kami sangat dekat. Saya yakin karena di sektor empat saya cukup baik," ucap Rossi.

"Lalu kejadian kecelakaan di tikungan terakhir, saya sendiri kebingungan kenapa terjadi karena saya berkonsentrasi dengan ban depan, tapi ternyata kehilangan grip di ban belakang. Saat terjatuh, artinya kamu melakukan kesalahan, mungkin ini kesalahannya," tambah Rossi.

Rossi dan tim kemudian meliha data kesalahan apa yang mungkin dia lakukan. Kemungkinan besar akibat langkah Rossi di tikungan enam yang membuatnya melambat dan melebar berakibat pada kejadian jatuhnya di tikungan terakhir.

"Saya bisa mencium bau kemenangan karena ini balapan sempurna. Saya sangat kuat dan yakin dapat meraih podium, sayangnya di saat krusial saya melakukan kesalahan," ucap Rossi.

Kejadian di seri Le Mans ini menjadi kegagalan finish pertama Rossi sejak seri MotoGP Jepang tahun lalu. Ia juga harus turun ke peringkat ketiga klasmen dengan selisih 23 poin dari Vinales di tempat pertama dan enam poin dari pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

"Sangat mengecewakan untuk tidak membawa pulang poin di balapan kali ini. Saya juga menyayangkan untuk kesempatan meraih podium yang terlepas juga di posisi klasemen keseluruhan," tutup Rossi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa