Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Soal Menyalip, Jangan Asal-asalan Ada Tekniknya

Aditya Maulana - Sabtu, 6 Mei 2017 | 14:05 WIB
Touring Honda CBR250RR.
Istimewa
Touring Honda CBR250RR.

Jakarta, Otomania.com - Berkaca pada kasus kecelakaan sepeda motor sport di Surabaya, Jawa Timur, akhir pekan lalu, setiap pengguna kendaraan bermotor harus lebih hati-hari ketika ingin menyalip. Usahakan, kondisi sekitar tetap aman.

Dijelaskan Jusri Pulubuhu, penggiat keselamatan sekaligus Kepala Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), paling utama adalah perlu atau tidak menyalip. Jika perlu, maka yang terpenting usahakan kondisi di sekitar aman.

"Kalau tidak diperlukan, tidak harus menyalip. Karena berdasarkan data dari Korlantas Polri, kecelakaan paling besar, hampir 90 persen disumbang dari kendaraan ketika menyalip," kata Jusri saat dihubungi Otomania.com, Jumat (5/5/2017).

Cara pertama, kata Jusri lihat spion dan pastikan tidak ada kendaraan lain atau yang akan mengganggu. Setelah itu, tambah kecepatan, agar bisa cepat kembali lagi ke jalur awal.

Bukan hanya itu, langkah selanjutnya dilarang mendahului kendaraan di jalan menurun, menanjak, atau belokan. Sebab bisa membahayakan, karena tidak bisa melihat kondisi jalan di depannya.

"Setelah mendahului kendaraan lain, pastikan juga masuk lagi ke jalur awal, karena ketika menyalip kita menggunakan jalur orang lain yang lawan arah," ujar Jusri.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa