Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pencipta "Mobil Sejuta Umat" Itu Astra

Aditya Maulana - Kamis, 4 Mei 2017 | 15:14 WIB
Test Drive Daihatsu Great New Xenia di Cirebon-Kuningan, Jawa Barat.
Istimewa
Test Drive Daihatsu Great New Xenia di Cirebon-Kuningan, Jawa Barat.

Jakarta, Otomania.com - Kendaraan multi guna bawah/low multi purpose vehicle (LMPV) merupakan segmen paling besar di pasar otomotif Indonesia. Selain harga yang kompetitif, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yaitu punya kapasitas tujuh penumpang.

Menurut Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, segmen itu diciptakan oleh Astra. Sebab, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia meluncur pertama kali pada 2003 silam.

"Jadi kami yang membuat segmen itu, dan sampai sekarang terus berkembang," ucap Prijono saat berbincang dengan Otomania.com belum lama ini di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Meski sudah banyak pesaing, kata Prijono Avanza tetap menjadi pemimpin pasar. Dia juga melihat semakin banyak rival, justru tambah bagus, karena segmen itu berkembang pesat.

"Kita melihatnya positif saja, tetapi perlu diketahui kita yang menciptakan segmen itu. Biarkan merek lain ikut dan bersaing secara positif," ujar dia.

Avanza pertama kali diluncurkan pada 2003 di ajang Gaikindo Auto Expo, begitu juga dengan Xenia di tahun sama. Xenia ditawarkan dengan tiga tipe utama, yaitu Mi, Li, dan Xi, dan Avanza hanya punya satu pilihan transmisi, yakni manual.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa