Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Video Mempengaruhi Keputusan Beli Mobil Baru

Febri Ardani Saragih - Selasa, 11 April 2017 | 19:22 WIB
Mobil ramah lingkungan yang hadir di GIIAS 2016
Otomania/Setyo Adi
Mobil ramah lingkungan yang hadir di GIIAS 2016

Jakarta, Otomania.com – Kemasan informasi dalam bentuk video mampu mengubah keputusan konsumen membeli mobil baru menurut hasil penelitian Google Indonesia. Sebanyak 83 persen dari 508 koresponden survei mengatakan video bisa mengubah pendapat mereka secara positif pada mobil atau produsen.

Cara masyarakat mendapatkan informasi terkait mobil baru di Indonesia tengah berubah. Penelitian itu juga menyimpulkan, 72 persen pembeli di diler melakukan riset lewat internet lebih dulu sebelum memutuskan membeli. Proses riset sampai beli membutuhkan waktu dua bulan.

Buat calon konsumen, salah satu riset penting adalah komparasi antar model mobil. Menurut Amalia Fahmi, Industry Head Google Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (11/4/2017), video sangat membantu mendapatkan informasi itu.

“Kalau mau lihat 10 merek yang berbeda bisa dlakukan dengan mudah. Pada saat itu, salah satu aktivitas pembeli mobil baru mengunjungi Youtube. Studi kami menunjukan bahwa online video bisa mengubah pandangan menjadi positif pada suatu merek,” ujar Amalia.

Kekuatan video untuk mempengaruhi dikatakan sangat kuat. Maka itu Amalia menyarankan buat para merek untuk rajin mengunggah video di channel mereka.

“Sebanyak 68 persen (dari koresponden) mengekspos pada merek yang sebelumnya tidak dipertimbangkan. Pada saat itu seseorang melakukan eksplorasi pada merek lain dan ini bisa mempengaruhi keputusan membeli mobil yang mana,” jelas Amalia. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa