Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Calon Pembeli Mobil Baru Sudah Malas ke Diler

Febri Ardani Saragih - Selasa, 11 April 2017 | 17:35 WIB
Ilustrasi Mobil Baru
Stanly/Otomania
Ilustrasi Mobil Baru

Jakarta, Otomania.com – Kini bukan prilaku yang aneh lagi jika masyarakat mencari jawaban dari semua pertanyaan lewat mesin pencari Google. Tren masyarakat yang dekat dengan dunia digital juga sudah mempengaruhi cara membeli mobil baru.

Menurut penelitian yang dilakukan Google Indonesia pada tahun lalu, sebesar 67 persen dari 508 orang koresponden memulai riset mencari mobil baru menggunakan internet melalui penelusuran Google.

Koresponden itu berasal dari berbagai usia, status pendidikan, dan tempat tinggal. Menurut penjelasan Google Indonesia saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (11/4/2017), semua koresponden sudah pernah berinteraksi dengan internet. Daftar pertanyaan diberikan melalui panel online dan membutuhkan waktu 20 menit.

“Jadi sekarang ada kebiasaan yang berubah ketika ingin membeli sesuatu,” kata Amalia Fahmi, Industry Head Google Indonesia.

Menurut Amalia, kebiasaan konsumen mencari informasi membeli mobil baru dengan mengunjungi diler semakin sirna. Hal itu juga didukung bertumbuhnya pembeli mobil baru dari kalangan milenial yang sudah akrab dengan dunia digital beserta internet.

Kesimpulan lain dari penelitian, sebesar 73 persen menggunakan ponsel untuk riset mobil baru. Amelia menjelaskan pembeli mobil di Indonesia memiliki rata-rata 1,7 perangkat seperti ponsel.

“Setiap orang itu punya terkoneksi ke 1,7 karena punya lebih dari satu ponsel. Kami menyebutnya multiple screen,” ujar Amelia.

Saat ini mau tidak mau industri otomotif harus menyediakan akomodasi yang pas buat memenuhi kebutuhan pembelian mobil. Dikatakan Amelia, paling tidak website resmi produsen harus menjadi diler yang bekerja 24 jam. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa