Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Asal Pasang Bemper Tambahan

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 5 April 2017 | 19:15 WIB
Modifikasi SUV
Banteng Mas
Modifikasi SUV

Jakarta, Otomania.com – Aksesori bemper tambahan atau tanduk di mobil jadi pilihan untuk melindungi mobil saat terjadi benturan. Namun ternyata pemasangan aksesori ini juga bisa menimbulkan masalah terlebih bila tidak melihat desain keselamatan serta mutu bahan.

“Pemasangan aksesori bemper tambahan atau tanduk bisa membuat sensor airbag tidak mendeteksi benturan. Lebih parah jika desainnya asal-asalan, sasis bisa bengkok karena tambahan beban saat tabrakan,” ucap Marwin dari Banteng Mas MGK Kemayoran saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Marwin kecenderungan pemilik mobil memasang tambahan bemper tersebut hanya menilai bahan yang berat, besar, dan dana yang perlu dikeluarkan. Makin besar, berat diasosiasikan makin kuat padahal mempengaruhi desain keselamatan bawaan mobil.

Aksesori bemper tambahan yang bagus memiliki desain untuk tidak menghalangi sensor airbag bekerja. Di beberapa produk bemper menyertakan kotak pengaman pada bagian braket pemasangan yang akan pecah saat terjadi tabrakan.

“Sehingga sensornya bekerja, daya tumbuk saat tabrakan juga tidak menyalur ke sasis kendaraan yang bisa menyebabkan kerusakan parah. Kalau sensor airbag tidak tahu ada tabrakan, percuma pakai bemper tidak selamat juga,” ucap Marwin yang tokonya banyak menyediakan aksesori kendaraan SUV dan kabin ganda.

“Pemasangan aksesori ada standar juga. Jangan sampai terlalu berat yang akan mempengaruhi ke suspensi dan pengendalian kendaran. Kalau yang hobi blusukan ke hutan harus memperhitungkan beban seperti ini karena kalau ada masalah jauh dari bengkel,” tambah Marwin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa