Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Repot Pakai "Riding Gear", Naik Angkutan Umum Saja

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 14 Maret 2017 | 08:45 WIB
Kelengkapan pakaian untuk keselamatan berkendara
vernetro.com
Kelengkapan pakaian untuk keselamatan berkendara

Jakarta, Otomania.com – Kecelakaan lalu lintas selama berkendara dapat terjadi pada semua orang, kapan saja dan dimana saja. Paling baru yang sedang viral di media sosial adalah kecelakaan karena mengenakan busana yang menyebabkan terlilit di bagian sepeda motor.

Menurut Anondo Eko, praktisi keselamatan berkendara dan pegiat di gunia otomotif, sudah menjadi kewajiban pengendara untuk memakai perlengkapan keselamatan selama menggunakan sepeda motor.

Safety riding mewajibkan kita untuk memakai riding gear atau perlengkapan keamanan selama berkendara motor. Tujuannya meminimalkan resiko cedera parah saat terjadi kecelakaan,” ucap Eko saat dihubungi Senin, (13/3/2017).

Perlengkapan yang wajib dikenakan mulai dari kepala, menggunakan helm berstandar SNI dengan benar, menggunakan jaket pelindung badan, sarung tangan dan sepatu yang melindungi mata kaki. Lebih aman lagi penggunaan pelindung siku dan lutut.

Lalu bagaimana dengan penumpang? Selama ini keselamatan berkendara hanya berkonsentrasi pada pengendara.

“Penumpang juga wajib mengenakan riding gear sama seperti pengendara. Posisi duduk penumpang juga harus sama dengan sang pengemudi,” tegas Eko.

Eko menyarankan bagi pengguna sepeda motor baiknya membawa dua set pakaian. Contohnya, saat berkendara menggunakan pakaian pelindung lalu berganti pakaian kerja setelah tiba di tujuan.

“Kalau tidak kuat atau merasa repot, opsi menggunakan angkutan umum bisa dipertimbangkan. Ini lebih baik daripada terlibat kecelakaan karena lebih mementingkan busana yang dikenakan,” ucap Eko.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa