Begini Kondisi Mobil yang Pengaruh ke Harga Jual

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 1 Maret 2017 | 15:35 WIB
Ilustrasi kendaraan di pasar mobil bekas
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi kendaraan di pasar mobil bekas

Jakarta, Otomania.com – Pemilik mobil yang sudah merasa bosan atau sedang butuh dana, salah satunya akan melirik pedagang mobil bekas untuk menjual mobilnya. Ini menjadi hubungan saling menguntungkan karena pedagang selalu mencari barang dagangan untuk dijual kembali.

Namun kewajiban pedagang adalah memastikan kondisi barang yang akan dibeli. Ini agar calon konsumen selanjutnya tidak kecewa dengan kendaraan yang nantinya akan dibawa pulang.

“Sebenarnya harga tergantung kondisi pasar. Tapi dari pedagang paling penting adalah menilai kondisi kendaraan. Ada beberapa sebab kenapa penilaian harga jual kendaraan tersebut rendah atau tinggi,” ucap Riverian dari TImur Jaya Mobil, MGK Kemayoran saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pertama adalah apakah mobil tersebut dalam kondisi rusak atau bekas tabrakan. Kondisi mesin dan transmisi jadi poin utama untuk menilai karena kedua komponen ini bagian utama kendaraan untuk bergerak.

Pedagang biasanya juga sudah menyediakan mekanik untuk melakukan penilaian kondisi kendaraan. Bila kendaraan selalu dalam perawatan sesuai ketentuan pabrikan dan tidak pernah rusak tentu mobil akan dinilai cukup tinggi.

“Paling parah buat pengaruh ke harga jelas bekas kebanjiran. Kendaraan seperti ini meski sudah diperbaiki selalu meninggalkan bekas,” ucap Riverian.

Kendaraan bekas banjir memiliki tanggunggan perbaikan yang cukup besar, antara lain interior dan mesin. Biasanya mobil bekas banjir meninggalkan bau apek. Ini sebagai indikator kuat kendaraan pernah menjadi korban banjir.

“Tapi kalau banjir sedang masih bisa di rapikan. Pokoknya jangan sampai tenggelam saja, pasti masih ada harganya,” ucap Riverian.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa