Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Sederhana Rawat Perangkat Turbo

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 9 Februari 2017 | 13:45 WIB
Valeo electric supercharger didesain buat 12 - 48 v untuk mobil penumpang.
Valeo
Valeo electric supercharger didesain buat 12 - 48 v untuk mobil penumpang.

Jakarta, Otomania – Kendaraan dengan perangkat turbocharger saat ini banyak hadir di Indonesia. Kehadirannya membuat mesin, baik bensin maupun diesel, mampu menyediakan tenaga di tiap putaran.

Seperti perangkat lain pada kendaraan, turbo juga dapat mengalami kerusakan. Namun kerusakan turbo lebih banyak disebabkan oleh pengetahuan pemilik yang minim mengenai perawatan perangkat ini.

“Banyak yang tidak tahu bahwa perawatan turbo cukup dengan membiarkan mesin langsam selama satu menit sebelum digunakan atau dimatikan. Ini cara yang mudah tapi tidak dipahami pemilik kendaraan dengan fitur turbo,” ucap M. Arief Budiman, Technical Training, Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI), Rabu, (8/2/2017).

Menurut Arief, banyak pemilik mobil langsung mematikan kendaraan mereka atau parahnya menginjak pedal gas sebelum mematikan mesin. Ini cara usang yang terus dipertahankan tanpa tahu akibat buruknya pada mobil.

Jika pengemudi menekan pedal gas lalu langsung mematikan mesin, perangkat turbo yang menggunakan oli mesin untuk berputar akan kehilangan pelumas. Padahal bilah turbin masih berputar sehingga turbo bekerja tanpa pelumas.

“Putaran turbo itu bisa 10 kali lipat dari putaran mesin. Misal mesin putarannya 8.000 rpm, turbo bisa empat kali lipat jadi 100.000 rpm. Ketika suplai oli berhenti, bisa cepat rusak,” ucap Arief.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa