Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baca Ini Dulu Sebelum Jual Hyundai Anda

Febri Ardani Saragih - Senin, 16 Januari 2017 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania – Sertiflikat Buy Back Guarantee memang bisa menjamin pihak Hyundai Mobil Indonesia (HMI) pasti membeli mobil Hyundai yang dijual konsumen. Namun jika Anda ingin menjual mobil Hyundai, jangan buru-buru melakukannya sebelum menebar umpan di tempat lain.

Ketentuan sertiflikat Buy Back Guarantee, berlaku selama tiga tahun. Jika konsumen menjual pada tahun pertama (angka odometer di bawah 20.000 km) maka akan dihargai 85 persen dari harga off the road alias tanpa pajak Selanjutnya, pada tahun kedua (40.000 km) sebesar 75 persen dan tahun ketiga (65.000km) sebesar 70 persen.

Sebelum menghubungi pihak HMI ada baiknya, Anda mencoba jual pakai cara lain, misalnya menawarkan mobil Anda lewat cara “mulut ke mulut” ke kerabat, saudara, tetangga, atau komunitas. Selain itu bisa juga memasang iklan di situs jual-beli mobkas online.

Tujuannya, mengecek harga pasaran. Siapa tahu harganya bisa di atas pembelian yang ditawarkan HMI.

Misalnya, jika mobil baru dibeli lantas dijual pada tahun yang sama, depresiasi nilainya sebagai mobkas masih bisa bertahan sekitar 10 persen. Catatannya, depresiasi itu untuk nilai on the road. Artinya ada kemungkinan, mobil terjual lebih tinggi dari kemampuan beli HMI.

Saran memantau harga pasaran ini dikemukakan Deputy Marketing Director HMI Hendrik Wiradjaja. Dikatakan jika ada pilihan lebih baik, konsumen bisa memilih.

“Hal yang pasti, konsumen punya patokan. Kalau harganya turun maka jual saja ke Hyundai. sertiflikat Buy Back Guarantee juga bikin pedagang mobkas tidak bisa menawar mobil Hyundai murah begitu saja,” jelas Hendrik, Sabtu (14/1/2017). 

Sertiflikat Buy Back Guarantee merupakan cara HMI mempertahankan nilai mobkas di pasaran. Sejak 2005, terang Hendrik, konsumen Hyundai sudah diberikan sertifikat itu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa