Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sedia "Talang Air" Sebelum Hujan

Stanly Ravel - Rabu, 30 November 2016 | 09:45 WIB

Jakarta, Otomania - Door visor atau side visor akrab disebut talang air bukan hanya berguna untuk estetika tampilan mobil, tapi memiliki fungsi melindungi, terutama saat musim hujan. Mobil yang menggunakan door visor akan terlindung dari masuknya air ketika kaca sedang dibuka.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan, dengan memasang talang air bisa melindungi beberapa perangkat elektrik yang berada di area pengendara, mulai dari power window sampai panel pada gagang kemudi..

"Kebanyakan memang fokusnya ke arah tampilan, tapi banyak kegunaannya. Yang paling penting mencegah air masuk saat kaca jendela dibuka, karena kalau sampai masuk biasanya kena ke panel elektrik di seputar dasbor pengendara dan power window di door trim. Bahaya kalau dibiarkan," ucap Anjar saat dihubungi Otomania, Selasa (29/11/2016).

Tanpa disadari air hujan yang masuk ke dasbor bisa menimbulkan beberapa kerusakan. Contohnya merusak fungsi power window atau paling parahnya bisa meyebabkan korsleting akibat listrik yang terkena air.


"Jangan lupa air hujan memiliki sifat keasaman yang tidak baik untuk interior mobil. Materi plastik pada pada door trim bisa kusam saat terkena tetesan air hujan, apalagi bila dibiarkan kering sendiri," ucap Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa