Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berikut "Ancamannya", Jika Mobil Salah Isi BBM

Aditya Maulana - Selasa, 18 Oktober 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania - Meski jarang terjadi, tetapi perlu diketahui bahwa mobil salah mengisi bahan bakar minyak (BBM) itu risikonya cukup besar. Misal, mobil bermesin bensin diisi solar, atau sebaliknya.

Jika hal itu terjadi, maka efeknya langsung ada masalah. Sebab, kandungan antara bensin dengan solar jelas berbeda, begitu juga dengan titik nyalanya, bensin otomatis lebih rendah ketimbang solar.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, paling fatal mesin mobil tidak bisa menyala.

"Walaupun bisa menyala, pasti ada tersendat-sendat, tetapi langsung mati dan tidak hidup lagi," kata Anjar kepada Otomania melalui pesan singkat belum lama ini.

Ditambahkan Anjar, langkah selanjutnya pemilik wajib membersihkan, terutama berbahan bakar bensin. Bahkan, paling fatal sampai overhaul (bongkar mesin).

"Kalau mesin diesel cara membersihkannya lebih mudah ketimbang bensin. Cukup dikuras lalu diisi kembali solar. Kalau bensin, bisa sampai bongkar mesin," ujar Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa