Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Atur Ritme Tubuh Saat Geber Motor Sport

Stanly Ravel - Jumat, 20 Mei 2016 | 08:01 WIB

Batam, Otomania - Postur tubuh cukup berperan penting dalam berkendara sepeda motor. Fungsinya untuk menjaga kesimbangan agar motor tetap terkendali dengan baik saat berkendara, terutama ketika melakukan pengereman dan akselerasi.

I Gusti Agung Budi Dharma, instruktur safety riding dari Astra Motor Mataram, mengatakan sampai saat ini kebanyakn biker hanya tahu mengendarai motor tanpa mengerti teknik keseimbang dari postur badan.

"Masih banyak biker yang tidak tahu bagaimana mengendalikan motor, terutama saat berakelerasi dan melakukan pengereman. Mengerti posisi postur badan yang baik bisa meimimalkan risiko saat berkendara," ucap Agung saat di jumpai Otomania, Rabu (18/5/2016).

Untuk pengguna motor sport ada teknik untuk melakukan pengereman yaang baik, apalagi saat dihadapi dengan kondisi mendadak yang sampai harus melakukan hard breaking. Agar laju motor tetap stabil, postur tubuh baiknya di condongkan ke belakang, kondisi ini berfungsi untuk menahan buntut motor yang umumnya menjadi liar ketika melakukan pengereman mendadak.


Sebaliknya, saat melakukan akselerasi dengan membejek gas secara spontan, baiknya badan di condongkan ke depan. Hal ini dilakukan bukan untuk gaya-gayaan seperti pebalap melainkan memberikan beban ke keroda depan agar bisa menahan traksi yang terjadi pada putaran mesin.

"Kelihatannya sepele tapi memang ini teknik berkendara motor sport. Sampai saat ini masih banyak yang tidak tahu mengenai pemahaman ini, padahal fungsinya manjaga ritme badan untuk memberikan keselamatan berkendara," papar Budi. yang akan bertanding di kelas big bike safety riding 400 cc di Jepang, Oktober nanti.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa