Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitos Kaca Film Ganggu Sinyal Alat Komunikasi

Azwar Ferdian - Senin, 21 Maret 2016 | 07:05 WIB

 Jakarta, Otomania – Bahan kaca film merupakan gabungan dari beberapa lapisan serta beragam bahan logam. Klaim produsen kaca film seperti merek V-Kool, mengatakan bahwa produk mereka terbaik dalam menolak panas. Pertanyaannya, bagaimana dengan sinyal komunikasi ke dalam mobil, mengingat unsur logam dianggap sebagai penghalang sinyal.

Dijawab oleh Yusup Suseno, National Marketing Manager V-Kool Indonesia, saat bertemu Otomania, Kamis (17/3/2016), permasalahan sinyal, terutama sinyal komunikasi dari perangkat handphone, tidak pernah ditemui dari konsumennya. Jadi penggunaan kaca film V-Kool sinyal ponsel masih bisa diterima dari dalam kendaraan.

“Kami sudah mencoba penggunaan alat komunikasi juga di luar pulau Jawa. Sinyal ponsel tidak ada masalah dan tidak ada keluhan dari konsumen mengenai hal ini,” ujar Yosep.

Namun kasus berbeda ditemukan pada perangkat Global Positioning System (GPS), terutama yang terintegrasi sistem audio kendaraan. Beberapa kasus, sinyal GPS bawaan pabrik ini  sulit menembus kaca film V-Kool.

GPS yang banyak dijual di pasaran dengan beragam merek memiliki cara khusus mendapatkan sinyal. Pada GPS ada beberapa tipe yang memiliki kemampuan kalkulasi triangular koordinat meski sinyal minim. Sedang sistem navigasi bawaan pabrik jarang memiliki kemampuan trangulasi ini.

“Sinyal yang berasal dari alat GPS portable tidak mengalami masalah. Namun perangkat GPS yang biasanya ada di sistem audio, terkadang tidak dapat menerima sinyal. Kami masih mempelajari hal ini karena sistem GPS dan bawaan produsen berbeda,” tutup Yosep.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa