Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Jarang Dipakai Juga Butuh Perawatan

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 4 Maret 2016 | 19:30 WIB


Jakarta, Otomania
- Punya kendaraan roda empat tapi jarang dipakai tidak serta merta meninggalkan perawatan. Justru mobil yang banyak diam di garasi juga butuh perhatian. Setidaknya perlu pengecekan tekanan ban, perawatan interior, cek oli dan juga aki.

“Memanaskan mobil diam di satu tempat sebenarnya tidak masalah, namun akan lebih bagus apabila kendaraan juga dijalankan,” ujar Teguh Triwahyudi, Kepala Mekanik Supershop and Drive Jatiwaringan saat ditemui Otomania, Jumat (4/3/2016).

Menurut Teguh, saat sedang memulai kondisi starter kendaraan, aki kehilangan arus daya hingga 1,5 volt. Guna mengembalikan tegangan ini sebaiknya kendaraan dijalankan sejauh 1 kilometer. Hal ini selain mengisi daya aki juga membuat komponen lainnya bergerak dan terjaga dari keausan.

“Kalau diam biasanya minimal harus menyala selama 30 menit. Jika dijalankan akan lebih cepat mengisi meski ada limiter sekalian melumasi mesin kendaraan,” tambah Teguh.

Selain aki yang perlu diperhatikan, mobil yang diam juga harus secara berkala ditambah tekanan anginnya agar menghindari kerusakan pada ban. Perawatan ini akan membuat mobil siap digunakan apabila sedang dalam kondisi terburu-buru atau dalam keadaan darurat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa