Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Bohlam Kendaraan Mati Sebelah

Stanly Ravel - Selasa, 9 Februari 2016 | 09:05 WIB

Jakarta, Otomania — Kasus matinya bohlam lampu sebelah pada kendaraan bukan hanya terjadi pada sepeda motor, melainkan juga mobil. Pemicunya bisa dari banyak faktor. Salah satu yang kerap terjadi adalah faktor daya atau Watt lampu antara satu dan yang lain berbeda.

"Umumnya, untuk motor dengan dua lampu, ini sering kejadian akibat daya yang masuk tidak seimbang, alias terlalu kecil dibanding versi orisinalnya. Namun, ini bisa juga karena daya terlalu besar," ucap Marco, koordinator main dealer lampu aftermarket Autovision, di MGK, kepada Otomania, Minggu (7/2/2016).

Menurut dia, saat mengganti satu bohlam yang mati, tetapi memiliki Watt yang berbeda, seperti terlalu kecil, kondisi itu bisa menjadi penyebab bohlam cepat putus. Hal yang sama juga bisa terjadi karena penggantian bohlam dengan Watt yang lebih besar.

Asupan daya akan tidak seimbang sehingga salah satu lampu akan cepat putus. Oleh karena itu, saat akan mengganti lampu, sebaiknya gantilah dua-duanya sekaligus.


Selain kasus tersebut, masih ada penyebab lainnya. Misalnya, beban arus tidak stabil akibat pemasangan aksesori yang juga mengonsumsi listrik dari kendaraan. Hal ini lebih sering terjadi pada mobil, seperti instalasi audio, atau penambahan LED dan alarm.

"Saat menambah perangkat aksesori kelistrikan, pemilik mobil juga wajib memikirkan asupannya. Bila kurang, (asupan) harus ditambah, dan dipasangi stabilizer. Prinsipnya sama saja dengan kelistrikan di rumah. Ketika ada banyak barang elektronik, maka wajib tambah daya. Bila tidak, dayanya tidak kuat dan putus terus," papar Marco.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa