Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Harusnya Sikap Sopir Taksi dan Polantas

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 25 Januari 2016 | 19:31 WIB

Jakarta, Otomania –
Perdebatan antara sopir taksi dan Petugas Kepolisian yang sampai terekam kamera, seharusnya tidak terjadi. Jika masing-masing pihak, khususnya pengguna jalan dan petugas penegak hukum, paham akan apa yang dilakukannya.

Profesor Leksmono Suryo Putranto, Guru Besar Fakultas Teknik Bidang Transportasi Universitas Tarumanegara yang juga sebagai Head of Road Transport Accident Investigation menyampaikan, dirinya coba memandang tidak dari sisi hukum. Namun lebih berdasarkan pada rekayasa lalu lintas.

“Menurut rekayasa lalu lintas, kendaraan yang berhenti tidak pada tempatnya, akan mengurangi lebar efektif jalan, yang pada akhirnya menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan,” ujar Prof Leksmono kepada Otomania, Senin (25/1/2016).

Lekmono melanjutkan, jika begitu, makin lama waktu berhenti suatu kendaraan, maka akan semakin menganggu kelancaran dan keselamatan lalu lintas. Hal tersebut seperti yang dilakukan sopir taksi.

Sementara untuk petugas kepolisian sendiri, sebaiknya tidak langsung melakukan penindakan tilang kepada sang sopir. Tapi sekedar memberik teguran saja.

“Petugas juga seharusnya tidak langsung melakukan tindakan, dengan menilang, namun hanya memberikan penjelasan dampak dari perbuatan sopir tersebut. Dengan demikian sopir tidak bisa mendebat polisi seperti di dalam video tersebut,” ujar Leksmono

Tak berhenti sembarang tempat

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan, ada dua hal penting yang bisa jadi pelajaran dari kasus ini. Pertama, Dinas Perhubungan yang menyediakan rambu, harus tepat dan cermat dalam pemasangan rambu, sehingga pengemudi bisa jelas membaca perintah yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan di jalan.

“Poin penting kedua, memang kalau seseorang berhenti, entah itu pengemudi pribadi atau angkutan umum, dalam hal ini sopir taksi, eloknya tidak mengganggu arus lalu lintas jalan,” ujar Edo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa