Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Coba Mobil Formula Ini? Sediakan Rp 4 Juta

Aris F Harvenda - Selasa, 1 September 2015 | 16:25 WIB

Northampton, Otomania - Punya mimpi ingin mengemudikan mobil balap single seater seperti Formula1? Kini Anda bisa merasakannya tanpa harus jadi pebalap ataupun membeli mobil tersebut. Di Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris sudah ada penyewaan Formula Silverstone.

Setiap peserta yang ingin mencoba harus membayar mulai 199 poundsterling atau sekitar Rp 4 juta. Dalam setiap ujicoba memakan waktu sekitar 2 jam. Waktu tersebut dibagi beberapa sesi. Sebelum memulai, Anda akan mendapat penjelasan singkat mengenai sirkuit, mobil dan juga teknik mengemudi selama 30 menit.

Persiapan

Setelah pemaparan teori singkat, tiap peserta diberi waktu untuk menyiapkan diri dengan penggunaan perangkat pendukung. Rental hanya meyediakan helm full face dan balaclava, jadi sebaiknya untuk kelengkapan lain seperti jaket, sarung tangan dan sepatu harus bawa sendiri.

Jika sudah siap, peserta diperbolehkan masuk ke kokpit mobil balap. Penyetelan tempat duduk akan dibantu oleh instruktur. Setelah itu akan ada penjelasan singkat tentang kelengkapan dan tata cara berkendara Formula.

Tak lama kemudian instruktur akan masuk dalam mobil lain untuk mengawal Anda mengitari sirkuit selama 20 menit. Anda akan dipandu untuk menemukan jalur tercepat di trek (racing line) yang sebelumnya dijelaskan di awal pertemuan. Beberapa titik pengereman dan jalur untuk menyusul sudah diatur sedemikian rupa agar pengguna bisa ngebut dengan aman dan tidak membahayakan pemain lainnya.

Usai pemanasan dan pengenalan trek, instruktur akan masuk pit. Anda akan dihampiri dan memastikan siap untuk dilepas tanpa kawalan. Waktu yang diberikan untuk merasakan kenikmatan berkendara Formula hanya 20 menit.

Sensasi berkendara

KompasOtomotif dapat kesempatan untuk mencoba setelah mengkuti arahan instruktur. Ada sedikit catatan, untuk pria dengan tinggi 175 cm berbobot 85 kg, mobil Formula ini terasa  sempit terutama di daerah pundak dan juga posisi tangan saat memegang kendali, sangat terbatas. Ada kesulitan untuk melakukan perpindahan gigi yang terletak disisi kanan. Butuh penyesuaian dan di situlah fungsinya pemanasan.

Begitu lampu hijau di ujung pit menyala, mobil langsung masuk dalam trek. Pedal gas langsung ditekan hingga mentok, akselerasi yang dihasilkan mesin Ford Duratec 1.6L bertenaga 140 tk pun langsung terasa. Namun jika dibandingkan dengan beberapa Formula yang sempat dikemudikan awak redaksi seperti Formula Renault, Formula BMW atau Formula 3.000, efek gravitasi yang dihasilkan Formula Silverstone tidak terlalu besar. Walaupun untuk akselerasi 0 - 100 kpj bisa ditempuh dalam 4,3 detik, hampir sama dengan performa Nissan 370Z Nismo.

Untuk mengendalikan Formula ini tergolong gampang-gampang susah. Momentum pengereman dan membuka gas harus pas, paling tidak seperti arahan yang dilakukan saat briefing awal. Ada kalanya Anda akan merasakan susah belok karena masuk tikungan terlalu cepat. Atau bagian belakang seperti hendak menyusul karena terlalu cepat menginjak pedal. Putaran setir punya rasio 1:1 sama seperti mengemudikan gokart. Untuk manuver di tikungan dengan sudut 90 derajat cukup memutar arah setir seperempat saja.

Jika Anda benar-benar cepat dan mengikuti racing line, waktu 20 menit yang diberikan cukup melelahkan. Instruktur meminta kita masuk pada 10 menit pertama untuk memastikan kondisi kita tetap prima dan tidak lelah. Pada 5 menit terakhir fisik mulai melemah dan tubuh sudah tidak sanggup menahan gravitasi. Dehidrasi mulai melanda dan tenggorokan merasa kering. Untungnya ketika kondisi sudah mulai kritis bendera finish dikibarkan.

Pengalaman yang menyenangkan...

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa