Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Dekat dengan Suzuki Celerio

Stanly Ravel - Minggu, 7 Juni 2015 | 14:57 WIB
Jakarta, Otomania - Mengisi celah kosong antara mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) Karimun Wagon R dan Suzuki Splash, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis Suzuki Celerio dalam gelaran Jakarta Fair Kemayoran, Sabtu kemarin (6/6/2015).

Celerio sadalah city car CBU dari Thailand yang datang dengan beberapa kelebihan. Tentu sajas yang paling menarik adalah transmisi CVT. Ini adalah mobil kota dengan CVT pertama di Indonesia pada kelas city car bermesin tiga silinder 1.000 cc.

Sebelum membahas performanya, kita simak keseluruhan desain eksterior dan interiornya terlebih dahulu. Secara desain, Celerio mengusung tampilan stylish dan sporty, hal ini pun ditunjukan dari garis tajam disetiap sisi yang diklaim mampu memberikan daya aerodinamis pada mobil yang memiliki dimensi panjang 3.600 mm, lebar, 1.600 mm, tinggi 1.540 dan ground clearance 145 mm ini.
"Sisi depan Celerio memberikan paduan antara kesan sporty dan dinamis. Keunggulan desain aerodinamisnya bukan hanya pada tampilan depan saja, tapi juga ditunjang dari bentuk bumper belakang. Ini pun sudah melalui pengujian Suzuki di wind tunnel saat mengembangkannya," ungkap Donny Sapura, Kepala Pengembangan Produk Roda 4 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Selain bentuk gril depan hitam dengan aksesn krom serta lampu hologen multireflektor bersudut tajam, tampilan sporty-nya juga ditunjang dengan kehadiran pelek 14 inci 6 spoke serta high mounth LED stop lamp yang melekat pada ducktail sisi belakangnya.

Masuk ke sisi kabin, Suzuki memang cukup 'khatam' mendesain kei car (mobil kecil) dengan kabin yang lapang. Hal ini pun ditunjukan dari interior Celerio yang ternyata cukup lapang meski terlihat mungil dari luar.

Saat Otomania mencoba masuk dan duduk di baris penumpang belakang dengan tinggi badan kurang lebih 180 cm, head room dan leg room-nya ternyata masih cukup luas, belum lagi dengan jarak antara bangku baris pertamanya yang juga terasa lapang.

Suasana kebin didominasi warna hitam, Suzuki pun mencoba untuk memberikn kesan modern guna menunjang kenyamaan dalam berkendara dengan menyematkan fitur seperti desain kemudi 3-spoke steering, tilt-adjust steering yang memudahkan pengendara menyesuaikan posisi mengemudi sampai in dash head audio unit yang mampu memutar radio, MP3 dan dilengkapi koneksi USB serta AUX dan CD.

"Guna memberikan kenyamanan saat perjalanan, Suzuki juga turut menyempurnakan sisi noise, vibration dan hardnest (NVH) dengan tidak menambah bobot dari kendaraan itu sendiri sehingga tidak mempengaruhi beratnya yang berdampak pada sisi konsumsi BBM," tambah Donny.

Sektor yang tak kalah menarik adalah bagasi. Meski lahir sabagai mobil kota dengan dimensi mungil, tapi Celerio juga memiliki kelapangan bagasi yang tak kalah luas dengan luas 245 liter dan masih dapat ditambah dengan melipat bangku baris kedua sesuai kebutuhan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa