Pasar Lesu, Mobkas Diesel Masih Diminati

Aris F Harvenda - Senin, 25 Mei 2015 | 14:59 WIB
Jakarta, Otomania - Perekonomian yang masih belum stabil dan cenderung terpuruk, membuat penjualan mobil baru merosot hingga 15 persen dibanding tahun lalu. Pasar mobil bekas (mobkas) juga ikut merasakan dampaknya. Beberapa pengusaha mengaku sulit jualan bahkan ada yang gulung tikar. Kendati demikian, ada model yang masih tetap diburu, salah satunya adalah mobil bermesin diesel.

Alasan yang mendasar, seperti diutarakan AutoBild Indonesia, teknologi canggih yang disematkan mampu memberikan efisiensi BBM yang baik. Plus tenaga yang cukup besar. Jika dipilah ada 2 model yang tetap jadi incaran pembeli mobkas.

"Bagi yang suka mengemudikan sendiri (tanpa sopir) biasanya lebih memilih Mitsubishi Pajero Sport. Sedangkan konsumen yang memilih jadi penumpang cenderung membeli Toyota Fortuner," ujar Edwin M, operasional gerai mobkas Rafael Auto di WTC Mangga Dua, seperti dikutip AutoBild Indonesia.

Harga kedua mobil tersebut di pasar juga cukup baik dibanding mobil diesel lain. Disebutkan, untuk Fortuner 2012 bisa dijual Rp 355 juta. Sedangkan Pajero Sport Dakar 4x2 keluaran 2012 mencapai Rp 350 jutaan.

MPV

Selain kedua model SUV tersebut, MPV berbahan bakar diesel ternyata juga ikut dilirik. Paling diincar adalah Toyota Innova diesel bertransmisi manual. Namun peredaran model tersebut tergolong langka di pasar mobkas. Minat yang cukup besar dilandasi oleh harga yang relatif terjangkau dan irit bahan bakar.

Soal harga, karena unitnya jarang maka banderol tidak bisa dipatok. Rentang harga berkisar Rp 200 juta hingga Rp 300 juta untuk model 2012. Sedangkan untuk tipe G lansiran 2011 transmisi manual dibanderol Rp 190 juta.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Aris F Harvenda
Sumber : Autobild Indonesia

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa