Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasar Lesu, Mobkas Diesel Masih Diminati

Aris F Harvenda - Senin, 25 Mei 2015 | 14:59 WIB
Jakarta, Otomania - Perekonomian yang masih belum stabil dan cenderung terpuruk, membuat penjualan mobil baru merosot hingga 15 persen dibanding tahun lalu. Pasar mobil bekas (mobkas) juga ikut merasakan dampaknya. Beberapa pengusaha mengaku sulit jualan bahkan ada yang gulung tikar. Kendati demikian, ada model yang masih tetap diburu, salah satunya adalah mobil bermesin diesel.

Alasan yang mendasar, seperti diutarakan AutoBild Indonesia, teknologi canggih yang disematkan mampu memberikan efisiensi BBM yang baik. Plus tenaga yang cukup besar. Jika dipilah ada 2 model yang tetap jadi incaran pembeli mobkas.

"Bagi yang suka mengemudikan sendiri (tanpa sopir) biasanya lebih memilih Mitsubishi Pajero Sport. Sedangkan konsumen yang memilih jadi penumpang cenderung membeli Toyota Fortuner," ujar Edwin M, operasional gerai mobkas Rafael Auto di WTC Mangga Dua, seperti dikutip AutoBild Indonesia.

Harga kedua mobil tersebut di pasar juga cukup baik dibanding mobil diesel lain. Disebutkan, untuk Fortuner 2012 bisa dijual Rp 355 juta. Sedangkan Pajero Sport Dakar 4x2 keluaran 2012 mencapai Rp 350 jutaan.

MPV

Selain kedua model SUV tersebut, MPV berbahan bakar diesel ternyata juga ikut dilirik. Paling diincar adalah Toyota Innova diesel bertransmisi manual. Namun peredaran model tersebut tergolong langka di pasar mobkas. Minat yang cukup besar dilandasi oleh harga yang relatif terjangkau dan irit bahan bakar.

Soal harga, karena unitnya jarang maka banderol tidak bisa dipatok. Rentang harga berkisar Rp 200 juta hingga Rp 300 juta untuk model 2012. Sedangkan untuk tipe G lansiran 2011 transmisi manual dibanderol Rp 190 juta.

Editor : Aris F Harvenda
Sumber : Autobild Indonesia

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa