Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Braket Box buat NMAX? Sambangi Bengkel Ini

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 25 April 2015 | 12:01 WIB

Jakarta, Otomania - Bagi pemilik Yamaha NMAX yang ingin memasang box, tak perlu lama menunggu produksi braket boks khusus NMAX beredar. Beberapa bengkel menawarkan pembuatan braket, namun pastikan braket yang dipakai memenuhi standar.

"Saat ini mungkin belum ada braket untuk NMAX, tapi kalau memang ada yang tidak sabar untuk pasang box, bracket bisa dibuat custom," ujad Dudung mekanik Motoritz Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meski custom, bahan yang digunakan untuk membuat braket juga harus memenuhi kriteria, dengan komposisi besi dan baja, dengan perbandingan 80/20. Selain itu pastikan ketebalan pelat sekitar 5 mm agar dapat menahan beban boks beserta isinya seberat 10 kilo.

"Namun perlu diperhatikan komposisi bahan dan tebal pelat jangan sampai jauh dari standar agar pelat tidak mudah patah dan boks tidak goyang saat berkendara," jelas Dudung.

Dudung menambahkan, selain bahan dan pela yang tebal, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah pengelasan pada braket. "Paling penting adalah pengelasan braket, jangan sampai pengelasan mentah, tapi pengelasan harus benar benar matang, agar nantinya las lasan tidak copot. JIka terjadi maka fatal akibatnya," tegas Dudung.

Harga pembuatan braket, lanjut Dudung, sekitar Rp. 250 ribu-an. Untuk bengkel yang bisa jadi rekomendasi untuk pembuatan braket dengan kualitas bagus, yaitu berlokasi di Jalan Duren 3 Warung Buncit (Aris/081212551972).

Kemudian di daerah Jati Bening Bengkel Yahya Custom. "Ada beberapa bengkel yang saya tahu membuat braket kualitas bagus, tapi tidak masalah jika ingin membuat di bengkel lain, hanya saja pastikan dengan kualitas bagus," tutup Dudung.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa