Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-hati, Bumil Berpotensi Besar Alami Kecelakaan

Aris F Harvenda - Senin, 13 April 2015 | 11:05 WIB
Toronto, Otomania - Memang tidak ada larangan mengemudi untuk wanita hamil. Namun perubahan psikologis dan gaya hidup normal saat mengandung berpotensi meningkatkan risiko kesalahan ketika mengemudi mobil.

Hal tersebut menguat berdasarkan penelitan dari Institute for Clinical Evaluative Sciences (ICES) di Kanada. Analisa dilakukan terhadap wanita yang melahirkan antara 1 April 2006 - 31 Maret 2011, dan melibatkan 507.262 wanita hamil di seluruh Ontario, Kanada. Responden yang terlibat tidak termasuk wanita hamil di bawah usia 18 tahun.

Observasi juga dilakukan dari kecelakaan kendaraan yang mengakibatkan korban darurat harus dibawa ke rumah sakit. Tercatat 6.922 kecelakaan melibatkan mobil terjadi pada pengemudi, dan 757 kecelakaan melibatkan sepeda motor. Semua kecelakaan ini melibatkan ibu hamil sebagai pengemudi mobil.

Hasil penelitian menyimpulkan kalau dalam masa usia kehamilan tua, risiko melakukan kesalahan atau kecelakaan naik hingga 42 persen. Kepala peneliti, Donald Redelmeier, mengatakan, pada masa ini sebagaian besar ibu hamil merasa mual, cepat lelah, mudah terusik, dan tertekan karena harus mengemudi lebih hati-hati.

"Temuan ini bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengemudi, bahkan, pria dalam rentang usia yang sama punya risiko kecelakaan kendaraan bermotor. Temuan ini juga bukan jadi alasan wanita muda untuk punya keturunan atau berhenti mengemudi," beber Redelmeier.

Fakta ini, lanjut Redelmeier, mendorong wanita hamil atau siapa saja supaya lebih hati-hati di jalan. Kesadaran akan risiko ibu hamil dalam usia kandungan tua, bisa menjadi pertimbangan lebih lanjut bagi mereka.

Editor : Aris F Harvenda
Sumber : autoevolution

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa