Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Rekomendasi Mobil untuk Remaja

Aris F Harvenda - Kamis, 2 April 2015 | 14:05 WIB
Arlington, OtomaniaInsurance Institute for Highway Safety (IIHS), lembaga peduli keselamatan gabungan dari perusahaan asuransi, merilis rekomendasi mobil-mobil untuk remaja pemilik surat izin mengemudi. Hasil survei menyebutkan, 83 persen remaja di AS lebih memilih beli mobil bekas ketimbang mobil baru yang terjamin keamanannya, berdasar hasil uji tabrak.

Dijelaskan, mobil bekas belum tentu aman, namun ada beberapa model yang dikategorikan safety berdasarkan ujian dan analisa. ”Mobil pertama untuk remaja bukan hanya terkait dengan harga yang terjangkau. Paling tidak harus memberikan rasa aman,” ujar Presiden IIHS Adrian Lund, beberapa waktu silam.

Rekomendasi dibagi menjadi kelompok-kelompok dan poin-poin khusus yang harus diperhatikan selain harga murah. Pada dasarnya ditimbang dari karakter dan emosional mayoritas remaja yang masih berpotensi ”meledak-ledak”. Berikut kriterianya:

1. Pengendara berusia muda harus jauh dari tenaga besar. Mobil yang bertenaga besar merangsang untuk menguji sampai batas kemampuan. Ini bahaya!

2.  Mobil besar. Dimensi yang di atas rata-rata diharapkan mampu melindungi lebih baik dari kecelakaan. Itulah kenapa, IIHS tidak menyarankan remaja dibelikan mobik kecil. SUV kompak menjadi solusi karena bobotnya mirip mobil kelas menengah.

3. Ada kontrol stabilitas (ESC : Electronic Stability Control). Fitur ini akan menjaga mobil tetap stabil di tikungan atau kondisi jalan licin. Tidak dijelaskan alasannya, tapi tetap masih berhubungan dengan kejiwaan remaja sekaligus pengalaman mengemudi yang masih minim.

4. Mobil harus punya safety rating, minimal bagus pada tes tabrak depan. Di bagian samping hasil tes tabrak ”rata-rata”, dan alangkah baiknya yang punya gelar empat atau lima bintang dari NHTSA.

Editor : Aris F Harvenda
Sumber : IIHS

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa