Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Berkendara Saat Cuaca Dingin Berefek Boros BBM

Aris F Harvenda - Kamis, 2 April 2015 | 10:05 WIB
Tennessee, Otomania - Suhu cuaca yang sejuk cenderung dingin (di bawah 15 derajat celcius), ternyata mempengaruhi  konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan. Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian Laboratorium Nasional Oak Ridge di Tennessee, Amerika Serikat.

Disebutkan perbedaan hingga sepertiga lebih boros dari konsumsi normal. Bahkan, angka tersebut bisa lebih parah lagi kalau jarak berkendara yang dilintasi semakin pendek. Kondisi terburuk justru terjadi pada mobil-mobil berteknologi ramah lingkungan, seperti hibrida, listrik, atau hibrida "plug in". Cuaca selama musim dingin justru membuat model itu lebih boros mengonsumsi energi.

"Berkendara dalam cuaca dingin dan musim salju bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar cukup besar. Dalam pengujian jarak pendek di dalam kota, mobil berbahan bakar bensin konvensional tercatat 12 persen lebih boros dengan suhu minus 7 derajat celcius ketimbang saat berkendara di 25 derajat celsius," seperti dikutip dalam laporan resmi Laboratorium Oak Ridge, dilansir Inautonews (11/2/2014).

Lantas apa yang harus dilakukan supaya mobil kita tetap bisa irit meski harus menghadapi cuaca dingin? Pastikan memarkir kendaraan Anda di dalam garasi, paling baik yang sudah dilengkapi dengan penghangat (heater). Pilih rute lebih panjang ketimbang yang singkat. Panaskan mobil sebelum mulai jalan, setidaknya sampai mesin, temperatur, dan oli mulai naik temperaturnya.

Jika mobil Anda hibrida atau listrik, ketika lagi mengisi ulang baterai pastikan juga memanaskan kabin melalui penghangat yang tersedia. Dengan kabin yang sudah lebih dulu hangat, membuat konsumsi listrik jadi lebih kecil, hanya fokus pada sistem penggerak.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa