Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cermat Membeli Mercy Bekas Taksi

Aris F Harvenda - Senin, 23 Maret 2015 | 15:11 WIB
Jakarta, Otomania - Blue Bird, perusahaan taksi Indonesia, punya penawaran menarik untuk memiliki mobil premium, Mercedes-Benz C 230 Sport. Model eks Silver Bird tersebut ditawari dengan banderol menggiurkan, Rp 157 juta. Meski berstatus bekas taksi, mobil ini tetap mewakili kemewahan ala Jerman.

Soal perawatan, tak perlu khawatir. Selama beroperasi, servis berkala berjalan sesuai prosedur resmi Blue Bird. Bahkan sebelum dijual, rekondisi ringan sudah dilakukan. Termasuk melepas stiker, argometer, lampu logo di atap, serta mengganti pelat kuning menjadi hitam.

Pengecekan mesin dan pembersihan interior dikatakan juga pasti dilakukan. Meski begitu, tetap periksa dengan teliti kondisi mobil dan jangan lupa melakukan test drive. Tips sebelum membeli, cek detail mesin karena selama digunakan Silver Bird, C 230 Sport menggunakan bahan bakar bensin Oktan 88 (Premium), seharusnya mobil ini minimal menenggak Oktan 92 (Pertamax) ke atas.

Namun, bagi paca calon konsumen tentunya wajib memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli Mercy mewah eks taksi ini. Seperti dikutip Autobild Indonesia, berikut hal yang bisa dilihat saat membeli Mercy ini.

Indikator peringatan

Nyalakan mesin dan lihatlah apa ada indikator peringatan menyala. Bila muncul tanda indikator peringatan, maka ada bagian yang perlu diperikska. Begitu juga bila ada fitur tak berfungsi, lampu peringatan akan menyala.

Kaki-kaki

Peredam kejut (shock breaker) milik C-Class tergolong cukup mahal. Oleh karena itu periksa dengan seksama apakah ada bunyi tak wajar dari bagian kaki-kaki. Satu set lengkap suspensi depan belakang bisa menghabisakan dana hampir Rp 20 juta.

Jantung pacu

Umumnya Mercy Taksi menggunakan bahan bakar oktan 88 (Premium) yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini menyebabkan ruang bakar lebih cepat kotor dan rusak. Selain itu, cylinder head di mesin ini tidak dilengkapi cylinder liner. Perbaikan ini membutuhkan biaya besar.

Interior

Interior C-Class berkualitas cukup baik, tapi daya tahan tergantung dari cara pemakaian. Ada baiknya perhatikan dengan teliti kondisi interior terutama panel dasbor, jok serta plafon.

Jarak jelajah

Jarak tempuh mobil bekas taksi pastinya sudah cukup tinggi. Dari beberapa mobil bekas taksi odometer menunjukan angka sekitar 300.000 km.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa