Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemapanan Prius Jadi Batu Loncatan Toyota Mirai "Fuel Cell"

Aris F Harvenda - Sabtu, 14 Maret 2015 | 12:12 WIB
California, Otomania - Prius boleh jadi merupakan model kebanggan Toyota untuk kendaraan ramah lingkungan. Disebutkan pula kendaraan tersebut sebagai "hibrida yang memulai segalanya."

Kesuksesan teknologi diukur dari, ketika orang bertanya soal hibrida, dan ternyata mayoritas jawabannya pasti Prius. Bahkan mobil hibrida tersebut sudah menjadi ikon, dan mampu mengubah banyak sudut pandang soal mobil hemat bahan bakar di mata dunia.

Tapi, sekarang Prius sudah mulai berusia lanjut, dan penjualan sudah turun 11,5 persen sepanjang 2014 lalu. Sukses Prius hari ini harus melalui 25 tahun konsentrasi Toyota pada konsumen. Mobil dengan konsumsi rata-rata bahan bakar 40 mpg (17 kpl) ini apakah masih bisa bersaing dengan mulai beralihnya teknologi ke zaman mobil listrik?

Toyota, saat ini juga mulai mengalihkan konsentrasinya dari teknolgi hibrida menuju fuel cell, atau mobil yang mengonsumsi hibdrogen. Mirai disiapkan untuk mendulang kesuksesan seperti Prius. Model berbasis sedan itu diluncurkan Desember 2014 di Jepang dan segera menyusul Amerika Serikat dan Eropa.

Meskipun mulai berkurang, popularitas Prius masih positif di 2015, terutama di mata konsumen yang sudah mengendarai mobil ini di tahun-tahun sebelumnya.

Geri Yoza, Manajer Nasional Toyota AS mengatakan dirinya sudah keliling AS untuk mengedukasi konsumen soal Prius dan teknologinya. Pengenalan teknologi hibrida sudah dilakukan satu dekade sebelum Prius akhirnya bisa menjadi populer seperti saat ini.

"Memang butuh waktu panjang menjadikan konsumen percaya diri dengan teknologi, untuk membuat mereka paham kalau (teknologi) ini sudah terbukti. Saya pikir Prius, ideanya adalah seperti batu loncatan sebelum Mirai," beber Yoza, dilansir Autoblog (3/2/2015).

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa