Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menilik Detail SUV Lexus "Entry Level"

Eka Putri Arviyanthi - Rabu, 4 Maret 2015 | 18:56 WIB

Jakarta, Otomania - SUV kompak Lexus NX akhirnya resmi meluncur di Indonesia pada 2 Maret 2015. Model tersebut diciptakan atas dasar konsep dari model LF- NX yang pernah dipamerkan pada 2013 silam. Debut pertama digelar pada Beijing Motor Show 2014 lalu. 

Kepala Insinyur Lexus NX Takeaki mengatakan, proyek pengerjaan sudah dilakukan sejak 2009. Namun, satu tahun hanya digunakan untuk melakukan riset, sedangkan butuh waktu empat tahun untuk melakukan eksplorasi yang lebih mendalam.

“Untuk mengembangkan cukup lama karena memang butuh waktu, kita mengembangkan mesin dan platform yang benar–benar baru buat Lexus,” kata Takeaki

Desain terbaru diciptakan untuk memikat hati para konsumen Lexus. Lagipula kelas SUV yang berada di bawah RX dan LX belum ada. Hal ini yang menyebabkan Lexus begitu optimis untuk menciptakan NX.

Lexus NX punya dua pilihan mesin, standar 2.0L turbo untuk varian 200t dan 2.5L khusus tipe hibrida. Lexus Indonesia memulai pemasaran NX dengan dua model menengah, NX 200t Luxury yang dijual Rp 935 juta dan NX 200t F-Sport Rp 970 juta.

Kedua varian hanya dibedakan desain eksterior dan kelengkapan fitur, Luxury mengutamakan kemewahan sementara F-Sport lebih agresif. Mesin keduanya sama, memakai 8AR-FTS, 1.998cc, bertenaga 238 tk dan torsi 350 Nm. Distribusi tenaga dilakukan ke kedua roda depan via transmisi otomatis 6-percepatan, semakin mudah sebab bisa dioperasikan lewat paddle shift.

Eksterior

Secara keseluruhan NX dikerjakan oleh 2.000 insinyur. Siluet bodi NX menyerupai berlian, mengerucut di depan, melebar di tengah, dan kembali melancip di belakang. Lekuk bodi di kap mesin menyatu dengan bentuk gril.

NX menggunakan mesin baru Lexus, tapi hal anyar bukan Cuma itu. Di NX, untuk pertama kalinya model Lexus menggunakan lampu depan LED unik. Tiga pasang LED membentuk huruf L sebagai simbolisasi Lexus dan DRL memakai kombinasi 78 lampu LED.

Interior

Ruang kabin NX dikerjakan sangat detail untuk kenyamanan. Misalnya,cup holder dilengkapi lapisan anti selip, jadi membuka botol bisa dilakukan dengan satu tangan. General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan, jahitan pada lapisan dasbor dikerjakan oleh pegawai yang sebelumnya dites menjahit menggunakan tangan paling lemah, misalnya, bila kidal berarti harus memakai tangan kanan.

Di tengah dasbor terdapat monitor 7-inci yang menyajikan berbagai informasi khas Lexus. Mengendalikannya bisa dilakukan lewat remote touch interface baru, cara kerjanya seperti touchpad pada laptop. Suara sistem hiburan didukung 10 speaker, kualitasnya premium bahkan sangat mumpuni untuk mendengar konsep teater. Hal lain, ada wireless charging untuk mengisi baterai ponsel tanpa kabel.

 

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa