Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tegas, Sri Sultan Hamengkubuwono X Tolak Jalan Tol di Yogyakarta, Pilih Outer Ring Road

Irsyaad Wijaya - Selasa, 26 Juni 2018 | 11:20 WIB
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Tribunnews.com
Sri Sultan Hamengkubuwono X

Otomania.com - Pengiriman barang dan jasa dengan transportasi darat akan lebih cepat jika ditunjang infrastruktur yang bagus seperti jalan tol.

Tapi, di balik itu ada sisi negatif yang didapat di daerah tersebut seperti yang diutarakan Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, saat acara syawalan di Pendapa Parasmaya, Bantul Senin (25/6/18).

Dalam intinya, Gubernur DIY menolak adanya pembangunan proyek jalan tol Solo-Yogyakarta dengan alasan menjaga situs cagar budaya.

“Jadi Solo - Jogja akan ada jalan tol, kami keberatan ketika rencana pembangunan jalan tol itu akan melewati daerah Prambanan. Banyak situs di sana yang belum terverifikasi, teridentifikasi dan diteliti,” tambah Sultan.

Sultan khawatir jika jalur tol melewati kawasan Prambanan, maka situs yang ada di sana rawan terganggu bahkan menjadi rusak.

(BACA JUGA: Maskulin Banget, Suzuki Ignis Operasi Wajah Pakai Fascia All New Jimny, Dijejali Pelek AMG)

Prosesnya pun juga tidak akan mudah mengingat perlu dilakukan pembebasan lahan yang bisa saja, lahan tersebut merupakan bagian dari lokasi keberadaan situs cagar budaya.

Sultan menjelaskan, pilihan yang sudah disepakati dengan Pemerintah Pusat atas permasalahan ini adalah mengalihkan jalan tol agar tidak melewati Prambanan.

Salah satu opsi jalur adalah jalan tol dibangun di atas Jl Yogya-Solo dengan sistem jalan bertingkat sampai tembus Ringroad Utara.

“Itu (Jalan Tol di atas Jl Jogja - Solo) mungkin akan lebih murah daripada lewat Prambanan yang harus dilakukan pembebasan lahan dan juga melewati situs,” kata Sultan.

Bukan hanya tol Solo-Yogya, rencana Pemerintah pusat membangun tol Semarang-Yogya juga disinggung oleh Ngarso Dalem.

(BACA JUGA: Oh Tidak... Yamaha V-Ixion Hampir Punah Di Negara Ini)

Editor : Iday
Sumber : TribunJogja.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa