Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sistem Keyless Pada Mobil Masih Bisa Dibobol Maling

Irsyaad Wijaya - Selasa, 13 Februari 2018 | 13:06 WIB
Sistem Keyless rentan dibobol maling, kasusnya ada di Malaysia
Otomania
Sistem Keyless rentan dibobol maling, kasusnya ada di Malaysia

Otomania.com - Belakangan ini semakin banyak produsen otomotif yang melengkapi produknya dengan sistem keyless. Membuka atau mengunci pintu, serta hidupkan mesin tanpa pakai anak kunci seperti mobil konvensional zaman dulu.

Memanfaatkan gelombang radio unik untuk mengaktifkan sistem kelistrikan, fitur baru ini bertujuan agar mobil makin aman dari aksi pencurian. Namun, nyatanya hal itu tak menutup ide para penjahat untuk mengakali sistem keamanan tersebut.

Salah satunya yang dilansir dari straitstimes.com, sistem keyless malah gampang untuk dibuka. Seperti yang terjadi di Malaysia, pencuri di sana sebelum melakukan aksi memodali diri dengan sebuah perangkat khusus untuk membobol sistem keyless.

Cara kerja device khusus untuk membobol sistem keyless
Straitstimes.com
Cara kerja device khusus untuk membobol sistem keyless

(BACA JUGA: Tips Amankan Motor dari Incaran Maling Bermodal Rp 1.000)

Untuk mendapatkan alat canggih tersebut, cukup mudah buat pencuri di negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia itu. Harganya pun terbilang murah. Hanya siapkan dana sekitar 150 Ringgit Malaysia atau setara Rp 521.000.

Cara kerjanya sama, memanfaatkan gelombang frekuensi pada sistem keyless kendaraan yang menjadi target. Langkahnya hanya mencari source code frekuensi pada keyless mobil tadi.

Jika sudah ketemu, mesin mobil dengan mudah menyala dan langsung diawa kabur. Mungkin kejadian ini menjadi pukulan keras bagi produsen mobil untuk kembali mencari sistem keamanan yang lebih advanced.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa