Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Namanya Motor Jawa, Tapi Bukan Dari Indonesia

Fedrick Wahyu - Kamis, 1 Februari 2018 | 08:25 WIB
Vaarian terbaru Jawa 600 Sportard
Photographer: Milan Valasek
Vaarian terbaru Jawa 600 Sportard

Otomania.com - Sungguh unik nama pabrikan motor ini, namanya sama dengan salah satu pulau di Indonesia, yakni Jawa. Namun, asal motor ini bukan dari Pulau Jawa, melainkan asli Eropa.

Motor Jawa memang memiliki sejarah yang panjang meski kurang didengar. Jadi wajar saja kalau belum banyak yang tahu soal motor ini.

Pabrikan ini didirikan tahun 1929 di Cekoslovakia. Berdasarkan situs www.jawa.eu, pendiri pabrikan ini adalah František Janecek yang saat itu berhasil mengakuisisi pabrikan Wanderers asal Jerman yang hampir bangkrut.

Lalu, hasil dari akusisi ini dihasilkanlah nama "Jawa" yang merupakan gabungan nama 2 pemilik pabrikan ini, yakni Janecek dan Wanderers.

Setelah bergabung, Jawa pun langsung menghasilkan motor berkapasitas 500 cc pada tanggal 23 Oktober 1929. Motor ini diberi label Jawa 500 OHV dengan mesin 4-tak dan mampu menyemburkan tenaga sampai 18 dk.

(BACA JUGA: Skill Dewa Sekaligus Bahaya, Biker Kendarai Dua Motor Sekaligus)

Jawa bahkan sempat ikut di ajang GP Motor. Pada tahun 1961 pebalap Frantisek Statny yang menunggangi motor Jawa menjadi runner up di kelas 350 cc. Ia mendapat total 26 poin dengan 2 kemenangan di Jerman dan Swedia.

Produk teranyar dari pabrikan ini adalah Jawa 660 Sportard yang merupakan generasi penerus dari Jawa 650 Dakar. Kata Sportard merupakan singkatan dari sport dan motard, atau biasa dikenal dengan supermotor. Jawa 660 Sportad dibekali mesin 1 silinder, 4 klep dengan sistem injeksi.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa