Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suku Cadang KW Tak Dilarang, Tapi Ada Syaratnya

Irsyaad Wijaya - Minggu, 28 Januari 2018 | 11:30 WIB
Ilustrasi Spare Part KW
rusautonews.com
Ilustrasi Spare Part KW

Otomania.com - Suku cadang kendaraan memiliki usia pakai, tak bisa digunakan selamanya. Tetapi yang kerap menjadi masalah saat penggantian adalah masalah harga part asli yang sangat mahal.

Tak jarang banyak pengguna yang membeli suku cadang "KW" atau tiruan. Padahal dari segi kualitas jika dibandingkan dengan yang irisinal sangatlah jauh.

Selain itu, part imitasi yang terpasang pada motor kerap menimbulkan masalah, misalnya tak bisa presisi seperti orinya. Masalah lainnya dengan tujuan berhemat tetapi faktanya malah berakibat pada pemborosan, karena part KW kerap timbulkan masalah setelah berjalan beberapa minggu.

Seperti yang dikatakan Sutisna, Kepala Bengkel Yamaha Amie Jaya Depok, Jawa Barat. "Kualitas spare part yang ori sama yang KW kan jelas beda. Onderdil jenis ini, tidak memenuhi standar pabrikan yang dibutuhkan oleh masing-masing kendaraan," tuturnya.

(BACA JUGA: Modal Rp 10.000, Bikin Ban Jadi Empuk nan Nyaman)

Semua motor yang diproduksi oleh pabrikan pasti sudah dihitung matang semua komponen yang dipasang, jika mengganti dengan part yang imitasi tak akan selesaikan problem

Tetapi jika sangat terpaksa harus menggantinya dengan part KW, setelah itu cepat-cepat untuk menggantinya dengan yang asli. Inilah syarat mengganti suku cadang KW. Terpaksa dan harus segera diganti lagi.

Sebab, menggunakan part KW hanya diperbolehkan saat keadaan benar-benar darurat. "Kalau tidak bisa bedakan mana yang ori sama yang asli lebih baik datang ke bengkel resmi. Karena bengkel resmi pasti jual yang ori," lanjut Sutisna.

Rasanya, ini juga berlaku untuk suku cadang mobil juga.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa