Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahukah Kamu, Ada 2 Versi Yamaha RX-King, Inilah Perbedaannya

Dok Grid - Kamis, 16 November 2023 | 18:34 WIB
RX-King 2003 full ori
Danu Susilo
RX-King 2003 full ori

Otomania.com - Apakah Anda tahu kalau Yamaha Rx-King keluar dalam dua versi? Pertama berjuluk RX-king Cobra dan satunya bernama RX-king Master.

Motor berjenis 2-Tak ini terkenal sangat kencang larinya. Tetapi juga punya citra negatif di masyarakat terutama karena suara knalpotnya yang bising dan juga terkenal dengan sebutan "motor copet".

Untuk membedakan kedua jenis RX-King ini memang cukup sulit, karena dari segi bodinya sama persis. Komponen lainnya pun juga tak ada bedanya, mulai dari sokbreker, lampu, sampai tangki.

Sejarah singkatnya RX-King hadir di Indonesia pertama kali pada 1983 dengan julukan RX-King Cobra. Jenis ini bertahan selama 10 tahun, Karena melihat pasar yang tertarik akhirnya Yamaha mengeluarkan pembaruan yang bernama RX King Master.

Sang Master keluar pada tahun 1995 di Indonesia dengan desain dan teknologi yang lebih maju dari sebelumnya.

Nah, untuk membedakan kedua jenis RX-King ini cukup simpel, yaitu bisa dilihat di STNK atau langsung pada blok mesinnya. Perbedaannya pada kode mesinnya, RX-King Cobra berkode mesin Y1 atau Y2, sedangkan RX-King Master memiliki kode Y1-74.

Tetapi untuk varian RX-king Cobra banyak yang bilang lebih spesial daripada RX-King Master. Pasalnya seri Cobra mesinnya asli rakitan Jepang atau bisa dikatakan CBU (built up).

Baca Juga: Honda Punya Motor Baru Mirip Yamaha RX-King, Mesin Irit Murahnya Ngalahin BeAT

RX-King Cobra
Awank/google.plus
RX-King Cobra

Perbedaan lainnya terlihat dari tampilan luarnya, RX-king Master punya desain lebih modern seperti stiker yang sederhana dari pada jenis Cobra yang masih terlihat klasik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa